22 November 2019, 22:04 WIB

1500 Sapi di Mukomuko Kawin Suntik


Marliansyah | Nusantara

MI/Faisol Taselan
 MI/Faisol Taselan
Kawin suntik

SEBANYAK 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu lakukan kawin suntik atau insiminasi buatan 1500 sapi untuk meningkatkan produksi sapi.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Mukomuko, Warsiman mengatakan, target kawin suntik itu lebih tinggi dari tahun lalu hanya sebanyak 1.300 sapi.

"Kawin suntik ini untuk meningkatkan produksi sapi di Kabupaten Mukomuko, karena setiap tahunnya permintaan sapi terus meningkat
terutama fari Provinsi Sumatra Barat dan Kota Bengkulu," katanya.

Program kawin suntik ini, lanjut dia, tidak dapat dipastikan berhasil 100 persen atau sapi yang dilakukan insiminasi buatan berhasil melahirkan anak. Ditemukan juga anak sapi mati saat lahir ada pula yang gagal bunting.

Dari 1.500 ekor sapi yang ditargetkan dilakukan kawin suntik hanya menargetkan sebanyak 726 ekor sapi yang beranak.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya telah menugaskan petugas kesehatan hewan untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh ternak sapi termasuk memberikan insiminasi buatan terhadap sapi yang terlambat kawin.

Begitu juga dengan sapi gagal reproduksi untuk diobati sehingga sehat dan normal lagi seperti induk sapi yang lainnya. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT