22 November 2019, 08:00 WIB

Dua Warga Bener Meriah Diserang Kawanan Gajah Liar


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

MI/Amiruddin Abdullah Reubee
 MI/Amiruddin Abdullah Reubee
Kawanan Gajah Liar menyeranng kawasan kebun warga di Aceh

SEJAK tiga hari terakhir dua unit rumah warga di kawasan Desa Rimba Raya, Kecamatan Pintu Rime, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, diserang gajah liar. Akibatnya dua unit rumah berkontruksi kayu milik warga setempat hancur pada bagian dinding.

Hal itu terjadi pada Rabu (20/11) malam, sebanyak 13 ekor gajah liar keluar dari kawasan hutan sekitar. Hewan berbelalai itu langsung masuk perkampungan sehingga warga ketakutan.

Selain menyerang dua unit rumah, kawanan gajah itu juga menggasak tanaman perkebunan seperti pisang dan kakao. Guna menghindari korban jiwa, sebagian warga tetap bertahan dalam rumah dan sebagian lagi menghindar ke lokasi lain.

Reje Kampung (Kepala Desa) Rimba Raya, Mukhlis, mengatakan, warga desa sangat ketakutan akibat konflik dengan binatang bertubuh besar itu. Mereka takut beraktivitas ke kebun seperti biasanya. Apalagi kawanan gajah sering keluar masuk kawasan perkampungan.

"Kami bejaga-jaga setiap malam supaya gajah tidak mendekati perkampungan. Tapi tidak bisa berbuat banyak selain hanya menghidupkan api agar gajah menjauh" kata warga Pintu Rime, Jakfar, Kamis (21/11).

Baca juga: Kawanan Gajah Liar Rusak Pondok dan Kebun Warga di Pekanbaru

Mereka berharap pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) segera melakukan upaya untuk mengusir kawanan gajah liar itu. Kalau berlarut-larut dikhawatirkan akan terjadi konflik lebih parah lagi.

"Untuk apa lagi kalau sudah jatuh korban jiwa. Sekarang saja kerugian masyarakat sudah cukup besar," tutur warga lainnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT