21 November 2019, 21:31 WIB

Biar Fokus Jalankan Program, PSI Usul Presiden Menjabat 7 Tahun


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

MI/Arya Manggala
 MI/Arya Manggala
Ketua DPP PSI Tsamara Amany

PARTAI Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan periode jabatan Presiden Republik Indoensia sepanjang 7 tahun dan hanya bisa menjabat satu periode.

Ketua DPP PSI Tsamara Amany menjelaskan, masa kepemimpinan perlu diperpanjang sampai tujuh tahun agar tiap presiden punya waktu cukup untuk mewujudkan program kerjanya.

“Jika hanya satu periode, setiap presiden akan bekerja semaksimal mungkin. Fokus bekerja buat rakyat dan tak memikirkan pemilu berikutnya,” ujar Tsamara dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (21/11).

Baca juga : PKB ; Amendemen Tak Perlu Sentuh Masa Jabatan Presiden

Masa jabatan satu periode dengan tujuh tahun akan membuat presiden terlepas dari tekanan politik jangka pendek. Lalu, lebih fokus untuk melahirkan kebijakan terbaik. Dengan demikian, kebijakan yang diambil akan terbebas dari pragmatisme.

"Kemudian, konsep petahana dalam pemilihan presiden. Maka tak ada lagi kecurigaan bahwa petahana memanfaatkan kedudukannya untuk kembali menang pemilu,” kata Tsamara.

Terakhir, pungkas Tsamara, pemilu tiap tujuh tahun jelas akan menghemat biaya. Jika biasanya tiap lima tahun ada pemilu, kelak hanya akan terjadi tiap tujuh tahun. (OL-7)

BERITA TERKAIT