21 November 2019, 21:30 WIB

Tiga Menteri Jokowi Dapat Penghargaan RCA 2019


Ahmad Punto | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mewakili Menteri PUPR menerima penghargaan dari Ketua DPD REI DKI Amran Nukman.

SEJUMLAH pejabat negara dan tokoh nasional mendapat penghargaan Realestate Creative Awards (RCA) 2019. Pada ajang yang digelar Rabu (20/11) malam di Jakarta itu setidaknya ada tiga menteri dan tiga kepala daerah di antara banyak tokoh dari industri properti maupun perbankan yang meraih penghargaan.

Ajang RCA 2019 yang dihelat Majalah Indonesia Housing bersama DPD REI DKI Jakarta mendapuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai 'Infrastruktur Development and One Million House Development Figure'.

Kemudian Menteri Perencanaan Pembangunan Nasiona/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dinobatkan sebagai 'Inspiring Person for People’s Housing Financing' atas upayanya mengeluarkan kebijakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Program itu ia terbitkan semasa menjabat Menteri Perumahan Rakyat pada era Presiden SBY.

Menteri lain yang menerima penghargaan RCA 2019 ialah Sofyan Djalil, Menter Agraria dan Tata Ruang (ATR). Atas inovasi kebijakan pelayanan administrasi pertanahan nasional secara digital beberapa waktu lalu, Sofyan dianugerahi penghargaan sebagai 'Online Sevice Land Certificate Initiator'.

Adapun untuk pemerintah daerah, ada tiga kepala daerah yang meraih penghargaan pada RCA 2019 ini, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmai Diany dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

"Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas kreativitas, inovasi dan sinergi yang dilakukan pengembang bersama stakeholders sehingga menghasilkan produk berdaya saing tinggi sesuai kebutuhan masyarakat," kata Ketua DPD REI DKI Jakarta Amran Nukman.

Ia berharap ajang RCA 2019 dapat semakin memacu kreativitas dan inovasi bagi pengembang dalam menumbuhkembangkan industri realestat sebagai lokomotif perekonomian nasional.

Sepaham dengan itu, konsultan hukum properti yang juga menjadi anggota Dewan Juri RCA 2019 Muhammad Joni menyebut penyelenggaraan RCA 2019 sangat bermanfaat bagi pengembang sebagai wahana untuk mengukur sejauh mana inovasi yang dilakukan diterima masyarakat. Menurutnya, RCA 2019 mencoba menghargai hasil karya tersebut.

“Ajang ini bisa menjadi penilaian dan tolok ukur prestasi, sejauh mana inovasi yang telah dilakukan oleh pengembang. Pada akhirnya diharapkan proyek ataupun produk yang meraih penghargaan dapat menjadi salah satu referensi bagi konsumen memilih properti" ujar Joni. (X-12)

 

BERITA TERKAIT