21 November 2019, 19:48 WIB

Gandeng Seniman, Modena Beramal Lewat Lukisan di Retrofridge


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

istimewa
 istimewa
Karya pelukis di lemari Es Retrofridge Modena

UNTUK ketiga kalinya, produsen peralatan rumah tangga (home appliances) Modena menggandeng seniman, khususnya praktisi seni rupa untuk menuangkan karyanya lewat produk Modena.

Kali ini, Modena mengajak 3 pelukis yang berasal dari Yogyakarta dan Jakarta untuk menuangkan karyanya dalam produk lemari es Modena RF 2330 atau yang dikenal di pasar dengan Retrofridge. Tampilan luar lemari es itu pun jadi terlihat ciamik dengan goresan tangan pelukis.

Ketiga pelukis yang terlibat dalam gerakan itu, yaitu Erica Hestu Wahyuni, Decki Firmansyah atau yang biasa disapa Decki Leos, dan pelukis asal Jakarta, Abenk Alter. Ketiganya pun memilih tema masing-masing dalam lukisannya di Retrofridge

Direktur Modena Indonesia, Robert Widjaja mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bukti kepedulian Modena terhadap karya seni dan seniman di Indonesia. Modena memberlakukan seleksi bagi pelukis yang bisa ikut serta dalam Retrofridge tersebut.

"Desain klasik Modena Retrofridge dan goresan indah para seniman merupakan perpaduan sempurna terciptanya sebuah mahakarya. Maka tak salah bila lemari es ini disebut Modena Masterpiece Retrofridge," katanya di Jakarta, Kamis (21/12).

Baca juga : Modena Luncurkan Water Dispenser Penghasil Air Heksagonal

Selain memberikan sentuhan baru pada Retrofridge, kegiatan yang melibatkan seniman itu, lanjut Robert, juga punya misi sosial. Ketiga lemari es yang tampilannya dihiasi karya pelukis itu dilelang dan hasilnya disumbangkan untuk pengembangan budaya Indonesia. Kali ini, donasi sumbangan diberikan pada Rumah Budaya Sumba.

Lelang kali ini diselenggarakan dengan menggandeng komunitas Ambiente  yang peduli terhadap isu sosial. Robert menegaskan, hal itu juga sekaligus untuk menunjukkan bahwa melukis bisa jadi medium untuk beramal.

"Kami memiliki tanggung jawab sosial untuk ikut memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat," ujar Robert.

Di sisi lain, Decki yang mengusung tema lukisan Preman Dapur dalam karyanya mengaku senang bisa ikut berbagi lewat karyanya. Ia menjelaskan, dalam pengerjaannya, butuh waktu total setidaknya 3 minggu untuk menyelesaikam karya yang penuh warna menutupi lemari es Retrofridge itu. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT