22 November 2019, 01:20 WIB

Paus Temui Pemuka Budha di Thailand


MI | Internasional

AFP
 AFP
Paus Temui Pemuka Budha di Thailand

PAUS Fransiskus kemarin mengunjungi salah satu kuil terkenal yaitu kuil emas Ratchabophit di Thailand dan bertemu dengan pemuka tertinggi agama Budha, Somdej Phra Maha Muneewong.

Dalam pidatonya kepada masyarakat sipil, pejabat maupun diplomat, Paus mengatakan kunjungan menemui Sangharaja Thailand ke-20 Somdej Phra Maha Muneewong adalah “tanda penting dan urgensinya untuk meningkatkan persahabatan dan dialog antaragama”.

“Paus Fransiskus selalu menghormati agama-agama lain, selalu memperlakukan rekan-rekannya dengan hormat. Itu sebabnya dia ingin memberikan penghormatan pada pemimpin (Budha di Thailand),” ujar salah seorang tim pengurus kunjungan Paus, Chainarong Monthienvichienchai.

Selain bertemu dengan Sangharaja Thailand ke-20 Somdej Phra Maha Muneewong, Paus juga bertemu dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha beserta pejabat tinggi Thailand lainnya, termasuk akan menemui Raja Thailand Maha Vajiralongkorn.

Paus kemudian menghadiri misa suci di Stadion Nasional Supachalasai di Bangkok yang dipadati puluhan ribu orang dari seluruh Thailand. Diketahui, sekitar 400 ribu atau 0,5 % masyarakat Thailand memeluk agama Katolik dari 69 juta populasinya yang mayoritas memeluk Budha.

Paus didampingi oleh sepupunya, Suster Ana Rosa, yang menjadi misionaris di Thailand selama lebih dari 50 tahun. Suster Ana Rosa bertindak sebagai penerjemah bagi Paus selama kunjungan di Thailand.


Menuju Jepang

Kunjungan Paus Fransiskus di Thailand menjadi perjalananannya ke-3 ke benua Asia, dan menjadi perjalanan apostoliknya ke-32 di luar negeri. Adapun Paus Fransiskus menjadi paus pertama selama hampir empat dasawarsa terakhir yang mengunjungi Thailand. Paus terakhir yang mengunjungi Thailand adalah Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1984.

Pada Sabtu (23/11) mendatang, Paus akan bertolak ke Jepang dengan membawa pesan pelucutan senjata nuklir.

Dalam kunjungannya ke Negeri Sakura tersebut Paus akan mengunjungi Hiroshima dan Nagasaki, dua kota yang hancur akibat bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat saat akhir Perang Dunia II, 1945 lalu. (AFP/Uca/X-11)

BERITA TERKAIT