21 November 2019, 23:40 WIB

Kapolri Lantik Kenaikan Pangkat 37 Pati Polri


MI | Megapolitan

ANTARA
 ANTARA
Kapolri Lantik Kenaikan Pangkat 37 Pati Polri

KAPOLRI Jenderal Idham Azis memimpin upacara kenaikan pangkat sebanyak 37 perwira tinggi (pati) Polri di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/11).

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) yang juga Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih periode 2019-2023, Firli Bahuri, resmi menyandang bintang tiga atau berpangkat Komisaris Jenderal.

Kemudian 10 pati yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal atau berbintang dua. Diantaranya Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono, Staf Ahli Sosial dan Politik (Sahlisospol) Kapolri Irjen Nico Afinta, Staf Ahli Sosial dan Budaya (Sahlisosbud) Kapolri Irjen Mohammad Fadil Imran dan 7 Pati lainnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, yang juga naik pangkatnya, mengatakan Kapolri telah melantik kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi para Pati di Rupatama Mabes Polri.

“Yang dilantik ada 37 Pati, terdiri dari satu irjen ke komjen, 10 brigjen ke irjen, dan 26 kombes ke brigjen,” sebutnya Argo.

Diketahui 37 Pati Polri mendapatkan kenaikan pangkat. Promosi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/693/XI/KEP./2019 Tanggal 20 November 2019.

Mengenai Firli yang bakal merangkap jabatan karena sudah terpilih menjadi Ketua KPK, Argo mengatakan hal itu bukan masalah.  “Saya kira tidak ada masalah, itu kewenangan dari pihak kepolisian dalam memberikan amanah job untuk anggotanya,” kata Argo.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan Irjen Firli Bahuri merupakan sosok yang cerdas dan berprestasi. Bahkan, Firli disebut memiliki rekam jejak mentereng saat menjadi Kapolres dan Kapolda. Oleh karena itu, jabatan Kabaharkam menjadi apresiasi dan reward sebagai abdi negara.

“Pimpinan sangat tepat memberikan reward kepada Pak Firli menjadi Kabaharkam, konsekuensinya tidak lama lagi akan naik menjadi bintang tiga. Terus juga beberapa Kapolda. Ini mekanisme wanjak tapi prinsipnya performa kerja, kredibilitas dan ini melalui wanjak,” kata Iqbal.

Dia menambahkan, jabatan Kabaharkam yang dipercayakan pada Firli karena dianggap berprestasi sejak menjadi taruna Akpol. Apalagi Firli dinilai mempunyai performa bagus, kredibilitas dan moral yang bagus. “Yang bersangkutan sejak taruna Akpol sudah sangat berprestasi. Beliau komandan resimen korps taruna dari tingkat 1 sampai 4. Hampir 1.000 lebih taruna yang di-manage di Akpol. Sudah terlihat kepemimpinan dan kecerdasan beliau,” tutur Iqbal.

Terkait jabatannya sebagai ketua KPK, Iqbal belum bisa memastikan langkah selanjutnya. Namun, hal itu akan diselesaikan melalui mekanisme yang berlaku di kepolisian. “Kita lihat nanti, kan ini barusan dilantik jadi Kabarhakam. Biarkan Pak Firli fokus melakukan upaya-upaya harkamtibnas selaku kabaharkam, beliau konsolidasi. Nanti akan tiba waktunya, kalau sudah ada tanggalnya. Tentunya mekanisme yang berlaku akan diikuti,” pungkasnya.  (J-1)

BERITA TERKAIT