21 November 2019, 18:15 WIB

Wacana Mendagri Soal Kompetisi Kebersihan Daerah Dapat Dukungan


Mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Direktur Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch ( IBSW) M Nova Andika.

INDONESIA Bureaucracy and Service Watch ( IBSW) mendukung penuh gagasan  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian soal  wacana kompetisi  kebersihan daerah. Sebab wacana itu akan menjadikan semacam wake up call kepada semua kepala daerah untuk meningkatkan kebersihan di wilayahnya.

Direktur Eksekutif IBSW, M Nova Andika menegaskan hal tersebut. Menurut dia, kebiasaan masyarakat yang tidak patut, seperti membuang sampah sembarangan masih banyak terjadi di daerah.

Baca juga: Pemkab Flores Timur Giatkan Patroli Kebersihan Laut

"Gerakan Pak Mendagri Tito ini perlu kita dukung. Hal itu untuk mewujudkan kebersihan daerah sehingga tercipta masyarakat yg sehat dan kepala daerah yg bertanggung jawab atas daerah yang dipimpinnya" tegas Nova Andika di Jakarta, Kamis (21/11).

"Kepala Daerah harus bertindak cepat dengan visi kita yang bersih dan sehat untuk wujudkan generasi berdaya saing," imbuhnya.

Menurut dia, sejatinya sebuah daerah bisa menjadi potret pemimpin dan masyarakatnya. Nova Andika yang memimpin lembaga pemantau kinerja birokrasi dan kepala daerah se-Indonesia itu menyebut terobosan yang dilakukan oleh Mendagri harus berbeda dengan penghargaan Adipura.

Program itu harus lebih substansial dan dirasakan langsung oleh masyarakat.  Dan yang paling penting adalah bukan sekadar perhargaan yang sifatnya hanya seremonial dan parsial.

Dia melanjutkan, seorang kepala desa sudah seharusnya mendapat penghargaan jika daerahnya bersih dan sehat. Sebaliknya ia perlu diberi sanksi moral dan sosial, jika daerahnya kotor.

"Saya yakin jika kompetisi ini terlaksana akan memacu kepala daerah untuk berlomba memberikan pelayanan publik terbaik dari sisi kebersihan yg akan dinikmati rakyatnya," ujarnya. (Ant/A-3)

 

BERITA TERKAIT