21 November 2019, 17:27 WIB

Bea Cukai Banyuwangi Siap Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

DOK BEA CUKAI
 DOK BEA CUKAI
Bea Cukai Banyuwangi Siap Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani

Sejalan dengan reformasi birokrasi, Bea Cukai senantiasa menyempurnakan sistem birokrasi seiring dengan transparansi kelembagaaan pemerintah. Bea Cukai Banyuwangi telah menambah daftar satuan kerja di Instansi Bea Cukai yang telah berpredikat zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), pada Rabu (13/11) lalu.

Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi, R Evy Suhartantyo mengungkapkan, bahwa pegawainya resmi deklarasikan 'Siap' menjadi penyelenggara pemerintah yang baik dan sejalan dengan prinsip-prinsip good governance.

“WBK/WBBM hanyalah sebuah predikat. Dan sertifikat hanyalah sertifikat. Kalau hati kita belum bertranformasi dan bereformasi untuk melayani publik dengan baik, maka kita belum memaknai apa itu WBK/WBBM,” ungkap Evy.

Pemukulan Gong oleh Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi menjadi tanda telah dicanangkannya WBK/WBBM. Dilanjutkan dengan penandatanganan ‘Wall of Support’ oleh seluruh tamu undangan menjadi bukti bahwa telah mendukung penuh pencanangan ini.

Deklarasi tersebut juga dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pemusnahan barang milik negara (BMN). Sejumlah 464.900 batang rokok ilegal dengan nilai barang sebesar Rp332.403.500 serta tersebut merupakan hasil penindakan periode tahun 2019 dari beberapa kecamatan di wilayah kerja Bea Cukai Banyuwangi.

Dalam kegiatan ini juga dikenalkan salah satu inovasi yang dikembangkan Bea Cukai Banyuwangi yakni aplikasi pelayanan Banyuwangi (SIPENYU). SIPENYU merupakan aplikasi yang dibuat dalam rangka memudahkan pengguna jasa dalam pengajuan dokumen seperti izin bongkar, izin timbun, dan dokumen pelengkap manifes. Aplikasi ini terus dikembangkan guna mempermudah pelayanan kepada pengguna jasa dan dapat dipantau secara real time sehingga layanan yang diberikan menjadi mudah, responsif, dan efektif. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT