21 November 2019, 15:11 WIB

PKS Soal Kursi Wagub DKi: Perlu Kedewasaan


Nur Aivanni | Megapolitan

Antara
 Antara
Sekjen PKS Mustafa Kamal (tengah)

SEKJEN PKS Mustafa Kamal mengatakan perlu kedewasaan dalam menentukan siapa yang akan mengisi kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Jika ada kesepahaman, kata dia, penentuan Wagub DKI akan berjalan cepat dan begitu pula sebaliknya.

"Ini politik ya, kita susah buat target. Jadi politik itu begitu ada kesepahaman cepat, kalau belum (ada) kesepahaman bisa melambat. Makanya, ini memerlukan kedewasaan," kata Mustafa di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (21/11).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pihaknya akan mengajukan kader terbaik PKS untuk mengisi kursi Wagub DKI. PKS, kata dia, akan terus berupaya agar posisi Wagub DKI tidak kosong terlalu lama. Pasalnya, tugas di DKI Jakarta sangat banyak sekali jika hanya dipimpin sendiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kita berharap komitmen kebersamaan yang sudah dibangun baik sesama partai pengusung juga partai-partai yang lain di DPRD DKI Jakarta dapat terbangun. Kita tidak ingin ini hanya menjadi sesuatu yang hanya perbincangan politik yang berputar-putar. Demokrasi yang semakin dewasa ini, kita melihatnya secara lebih konstruktif dalam rangka membangun DKI Jakarta," tuturnya.

Penentuan kursi Wagub DKI Jakarta, dikatakan Mustafa, mekanismenya tetap diajukan dari partai pengusung. Namun, sesuai UU, lanjutnya, seluruh partai politik di DPRD DKI Jakarta nantinya harus memberi dukungan terhadap siapa yang akan dipilih untuk mengisi kursi Wagub DKI Jakarta. (OL-8)

BERITA TERKAIT