21 November 2019, 13:05 WIB

Kemenpora dan Kaltara Kolaborasi Tumbuhkan Minat Usaha Pemuda


mediaindonesia.com | Humaniora

DOK KALTARA
 DOK KALTARA
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Kemenpora melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda berkolaborasi dengan pemerintah Kalimantan Utara menyelenggarakan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda. Acara ini dilaksanakan di Kabupaten Bulungan Kamis (21/11) bertempat di Gedung Gadis Lt. 1 dan diikuti sebanyak 200 peserta.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa program Kemenpora ini sudah lama ada sejak zaman pak Abdul Ghofur menjabat Kemenpora. Saat itu, kata Gubernur Irianto, dirinya masih aktif di KNPI dan program kewirausahaan ini terus berlanjut hingga sekarang.

"Jika ada yg bertanya pekerjaan apa yang paling bagus? Pada dasarnya semua profesi bagus, pegawai atau berusaha sendiri. Yang penting bisa memberikan manfaat yang banyak. Wirausaha lah yang paling banyak memberikan manfaat karena selain memberikan manfaat untuk dirinya sendiri, wirausaha juga memberikan manfaat untuk orang lain (mempekerjakan orang lain)," katanya.

"Wirausaha itu bukan sekadar usahanya. Tetapi yang penting juga spiritnya, semangatnya. Nah spiritnya ini bisa diaplikasikan termasuk dalam aktifitas bekerja. Secara harfiah wirausaha itu juga memimpin bagi dirinya dan juga orang lain, maka berwirausaha juga membutuhkan nilai kepemimpinan. Keberhasilan dan kegagalan itu menurut Bank Dunia dipengaruhi empat hal yakni paling besar dipengaruhi inovasi dan kreatifitas, selanjutnya networking, kemampuan menguasai dan memanfaatkan teknologi serta kekayaan yang dimiliki," jelasnya lebih lanjut.

Sebelumnya ketua panitia kegiatan Toni Poniman menjelaskan bahwa menumbuhkan wirausaha itu upayanya banyak dan berkesinambungan. Oleh karena itu di dalam RKP dan RPJMN Kemenpora, program pengembangan kewirausahaan pemuda merupakan prioritas nasional sehingga dalam implementasinya melibatkan koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dan ini sudah ada payung hukumnya yakni Perpres 66 tentang koordinasi strategis lintas sektor pelayanan kepemudaan.

"Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha baru terutama di kalangan pemuda terkhusus di daerah yang menjadi perioritas nasional seperti daerah KEK serta daerah terluar dan perbatasan," kata Toni.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kerja sama antara Kemenpora dan beberapa kementerian dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.  Hadir dalam pembukaan Sekretaris Daerah Kalimantan Utara Suriansyah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Haerumuddin, serta pejabat eselon I dan II di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari penuh ini menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang yang konsen pada pengembangan wirausaha muda seperti praktisi wirausaha, akademisi, wirausaha muda sukses dan pihak Kemenpora.(Yan/OL-10)

BERITA TERKAIT