21 November 2019, 10:18 WIB

Polri Kaji Surat Permohonan Reuni PA 212


Ferdian Ananda Majni | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Aksi 212

PERSAUDARAAN Alumni (PA) 212 berencana menggelar reuni akbar pada Desember mendatang. Menanggapi hal itu, kepolisian akan mengkaji terlebih dahulu terkait surat permohonan penyelenggaraan agenda tersebut.

"Nanti misalnya ada surat pemberitahuan ke kepolisian, akan kita analisa," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/11)

Argo menjelaskan, pihaknya memerlukan analisa terlebih dahulu guna memastikan jumlah personel dalam memberikan pengamanan.

Baca juga: Ade Armando Diperiksa Terkait Meme Joker Anies

Apalagi kegiatan mengumpulkan massa itu diperlukan pengamanan sehingga hak sebagai warga negara dalam menyampaikan pendapat bisa tertib dan aman.

"Tentunya berkaitan dengan rencana ada reuni Akbar 212, untuk kegiatan yang berkaitan mengumpulkan massa itu adalah hak dari warga negara tetapi tetap ada aturan yang harus ditaati," sebutnya.

Setelah mendapatkan data akurat dari intelijen, pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI dalam pengamanan nantinya.

"Kita juga perlu informasi dari intelijen, untuk menghitung beberapa pengamanan yang harus kita lakukan. Kita tetap koordinasi dan kerjasama dengan TNI dalam pengamanan nanti," pungkas Argo.

PA 212 berencana menggelar reuni di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada 2 Desember 2019 mendatang. PA 212 menyebut agenda tersebut merupakan agenda rutin tahunan. (OL-2)

BERITA TERKAIT