21 November 2019, 14:00 WIB

Mourinho Janji Kembangkan Pemain Muda di Spurs


Patrick Pinaria | Sepak Bola

Twitter @SpursOfficial
 Twitter @SpursOfficial
Jose Mourinho untuk pertama kalinya memimpin sesi latihan Tottenham Hotspur

JOSE Mourinho resmi berlabuh di Tottenham Hotspur. Pelatih asal Portugal tersebut berjanji akan mengembangkan pemain-pemain muda The Lilywhites.

Kepastian Mourinho melatih Spurs diumumkan langsung oleh klub pada Rabu (20/11). Ia dipercaya menggantikan Mauricio Pochettino yang dipecat menyusul rapor buruk Tottenham pada awal musim 2019--2020.

Mourinho mengaku bangga bisa melatih Spurs. Sebab, menurutnya, The Lilywhites memiliki pemain-pemain bagus, terutama pemain-pemain muda. Ia pun berjanji akan mengembangkan pemain-pemain muda di akademi Spurs.

"Saya sangat menyukai skuat ini dan mencari para pemain muda di sini. Tidak ada satu manajer di dunia yang tidak menyukai pemain muda dan membantu pemain muda berkembang. Tidak hanya satu pemain," ujar Mourinho.

Baca juga: Mourinho Janjikan Spurs yang Penuh Gairah

Ucapan Mourinho itu cukup mengejutkan. Mengingat, ia dikenal sebagai pelatih yang kurang percaya dengan pemain-pemain muda di akademi klub-klub yang dilatih sebelumnya.

Bahkan, pelatih asal Portugal tersebut tidak segan untuk meminggirkan pemain muda di bangku cadangan dan lebih mengandalkan pemain-pemain bintang.

Ketika ditanya soal itu, Mourinho pun mencoba membantah. Ia mengaku klub-klub sebelumnya kekurangan pemain-pemain muda berbakat. Karena itu, ia pun jarang mengandalkan pemain-pemain muda saat melatih klub-klub sebelumnya.

"Masalahnya adalah terkadang Anda masuk ke klub yang tidak cukup baik dalam menghasilkan pemain muda seperti di sini. Jadi, saya melihat sejarah klub dan Anda melihat akademi selalu menghasilkan bakat yang dibutuhkan tim utama. Tentu saja, saya berharap bisa melakukan tugas itu," lanjut Mourinho.

Mourinho, sejauh ini, sudah meraih berbagai prestasi sepanjang karier kepelatihan. Total, pelatih asal Portugal tersebut sudah meraih 25 gelar di lima klub berbeda, di antaranya Porto (6 gelar), Chelsea (8 gelar), Inter Milan (5 gelar), Real Madrid (3 gelar), dan Manchester United (3 gelar).

Sementara itu, Spurs merupakan klub Inggris ketiga yang dilatih Mourinho. Sebelumnya, ia sudah melatih dua tim Inggris yaitu Chelsea dan Manchester United. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT