21 November 2019, 10:04 WIB

bank bjb dengan Dana Pensiun Pertamina Teken MoU


mediaindonesia.com | Ekonomi

DOK bank bjb
 DOK bank bjb
Direktur Konsumer & Ritel bank bjb Suartini memberikan sambutannya saat penandatanganan MoU antara bank bjb dengan Dana Pensiun Pertamina.

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk. (bank bjb) menyepakati kerja sama dengan pihak Dana Pensiun Pertamina. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak yang dilakukan oleh Direktur Konsumer dan Retail bank bjb Suartini dengan Presiden Direktur Dana Pensiun Pertamina Adrian Rusmana di Kantor Dana Pensiun Pertamina, Jalan M I Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019).

Suartini mengatakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari sinergi yang telah dijalin kedua belah pihak sebelumnya. Kemitraan yang dijalin Dana Pensiun Pertamina dan bank bjb mendatangkan angin segar bagi keduanya untuk saling memajukan usaha masing-masing.

"Kerja sama ini menjadi babak baru dari jalinan sinergi yang telah terikat kuat antara kedua belah pihak. Kami mengharapkan kerja sama yang sudah terjalin hingga saat ini bisa terus berlanjut di masa yang akan datang sehingga cita-cita untuk tumbuh dan berkembang bersama bisa senantiasa bermetamorfosis menjadi kenyataan," kata Suartini.

Perjanjian kerja sama antara bank bjb dengan Dana Pensiun Pertamina yang disepakati ialah tentang penyaluran manfaat pensiun. Dengan kerja sama ini, Dana Pensiun Pertamina dipastikan akan memperoleh sejumlah manfaat, termasuk di antaranya pelayanan prima dari bank bjb sebagai mitra penyedia jasa layanan manfaat pensiun.

bank bjb juga akan melakukan pendataan ulang dengan mendistribusikan formulir data ulang oleh Dana Pensiun Pertamina kepada penerima manfaat pensiun dan menerima kembali formulir yang telah diisi dengan lengkap. Selain itu, perseroan juga akan melaksanakan program pemberdayaan bagi seluruh penerima manfaat pensiun dengan memberikan jasa layanan perbankan dan diutamakan untuk mendukung kegiatan yang bersifat produktif. Dana Pensiun Pertamina juga akan menerima sejumlah manfaat lainnya yang tak kalah menguntungkan dari bank bjb. 
Bagi bank bjb, kerja sama ini berarti turut mengundang berapa potensi keuntungan dalam bentuk peningkatan Current Account Saving Account (CASA). Dana Pensiun Pertamina memiliki 45.182 peserta pensiunan yang tersebar diseluruh Indonesia dan akan menjadi penambahan NoA baru pada bank bjb. Terdapat pula potensi peningkatan Penyaluran Kredit Guna Bhakti (KGB) yang dapat diberikan oleh bank bjb untuk penerima manfaat Dana Pensiun Pertamina.

Potensi selanjutnya adalah peningkatan volume kredit mikro. Sebab melalui kerja sama ini bank bjb dapat melakukan program pemberdayaan bagi seluruh peserta Dana Pensiun Pertamina guna penyaluran kredit produktif. 

Adanya kerja sama ini juga membuka peluang untuk melakukan cross selling produk-produk bank bjb lainnya, antara lain Cash Management Service, Payroll Service, DPLK, serta jasa perbankan lainnya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT