21 November 2019, 09:21 WIB

Suu Kyi akan Pimpin Myanmar di Sidang Genosida Rohingya


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Lillian SUWANRUMPHA
 AFP/Lillian SUWANRUMPHA
Aung San Suu Kyi

PEMIMPIN sipil Myanmar Aung San Suu Kyi akan memimpin delegasi yang akan tampil di pengadilan PBB untuk menghadapi kasus dugaan genosida yang dilakukan negara Asia Tenggara itu terhadap kelompok Rohingya.

Negara Afrika Gambia mengajukan gugatan  ke hadapan Pengadilan Internasional (ICJ) pada Seember lalu mewakili Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang beranggotakan 57 negara.

Mereka menuding Myanmar melanggar Konvensi Genosida PBB 1948 lewat aksi militer brutal mereka pada 2017 yang menargetkan kelompok minoritas Rohingya di Negara Bagian Rakhine.

Dalam sidang perdana, Gambia akan meminta pengadilan untuk membuat keputusan sela untuk melindungi etnik Rohingya sembari menunggu keputusan apakah sidang bisa dilanjutkan atau tidak.

Baca juga: Suu Kyi Digugat Terkait Kejahatan Rohingya

Suu Kyi secara pribadi akan memimpin tim Myanmar ke Den Haag untuk apa yang disebut pemerintah Myanmar, "Melindungi kepentingan nasional Myanmar".

Myanmar juga disebut telah mengontrak kuasa hukum internasional kenamaan.

Myanmar berulang kali menjustifikasi aksi militer terhadap Rohingya dilakukan untuk membersihkan militan dan menegaskan bahwa komite yang mereka susun cukup untuk menyelidiki dugaan pelanggaran dalam kasus tersebut.

Sebanyak 740 ribu warga Rohingya terpaksa melarikan diri ke Bangladesh setelah operasi militer brutal oleh Myanmar yang disebut PBB layak disebut genosida. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT