21 November 2019, 08:43 WIB

Pelaku Industri Kreatif Medan Didorong Kantongi HKI


Yoseph Pencawan | Nusantara

Antara
 Antara
Pj Walikota Medan Randiman Tarigan (tengah) melihat hasill kerajinan saat meresmikan pembangunan UMKM Center di Medan, beberapa waktu lalu

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Medan, Sumatra Utara (Sumut) dorong pelaku industri kreatif untuk memiliki hak kekayaan intelektual (HKI) atas produk atau karya yang diciptakan untuk menghindar dari pembajakan.

"Kami ingin memberikan pemahaman sekaligus fasilitasi terhadap para penggiat industri kreatif dalam mematenkan hak kekayaan intelektual dari produk yang dihasilkannya," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Medan, Agus Suriono, saat menyampaikan penyuluhan dan fasilitas HKI, di kantor Kecamatan Medan Barat, Kamis (21/11).

Menurutnya, di era serba mudah seperti sekarang ini sangat sering terjadi tindakan pencaplokan, pembajakan atau plagiat karya intelektual.

Agus mengemukakan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan penyuluhan bagi pelaku industri kreatif di setiap kecamatan.

Kegiatan itu, tambahnya, untuk memberikan pemahaman sekaligus fasilitasi terhadap para penggiat industri kreatif dalam mematenkan HKI.

"Karya atau produk yang mereka susah payah buat, dibajak dan dijual atau disebar begitu saja tanpa mendapatkan royalti," imbuh Agus.

Sudah waktunya juga, kata dia, seluruh warga negara menghormati hasil karya cipta yang dimiliki seseorang sehingga dia akan terus menciptakan inovasi terhadap karyanya. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT