21 November 2019, 12:15 WIB

Rose Bersyukur Kini Ada Load Management


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Gregory Shamus/Getty Images
 AFP/Gregory Shamus/Getty Images
Derrick Rose

MANTAN MVP NBA Derrick Rose mengatakan dirinya kemungkinan akan tetap fit dan bermain untuk Chicago Bulls seandainya filosofi load management sudah ada kala dia bermain untuk klub NBA itu.

'Saat itu adalah masa yang berbeda di olahraga. Titik." kata Rose kepada stasiun televisi NBC menjelang laga antara klubnya saat ini, Detroit Pistons, melawan Bulls, Kamis (21/10) WIB.

"Kini, ada yang namanya load management. Jika itu sudah ada waktu itu, saya kemungkinan masih bermain bersama Bulls," imbuhnya.

Pebasket berusia 31 tahun itu merupakan playmaer andalan Bulls dan menjadi MVP termuda sepanjang sejarah NBA pada 2011.

Namun, dia mengalami cedera sobek ligamen lutut di laga pembuka Bulls di playoff 2012 dan absen sepanjang museim 2012-13.

Baca juga: Nets Masih Tanpa Irving Melawan Hornets

Dia kemudian mengalami cedera lutut kanan yang memaksanya absen sepanjang musim berikutnya.

Rose kembali mengalami cedera lutut sebelum ditukar ke New York Knicks pada 2016 dan pada April 2017 menjalani operasi lutut keempat sepanjang kariernya.

Saat Rose bermain untuk Bulls belum ada strategi bernama load management. Strategi itu dilakukan tim dengan mengistirahatkan pemain yang fit namun rentan cedera untuk memastikan sang pemain tetap fit sepanjang musim yang berdurasi 82 laga dan ke babak playoff.

Strategi itu pertama kali dilakukan oleh San Antonio Spurs demi menjaga kebugaran pemain veteran mereka Tim Duncan, Manu Ginobili, dan Tony Parker.

Sejak saat itu, tim-tim NBA menggunakan strategi itu untuk menjaga kebugaran pemain bintang mereka seperti LeBron James atau pemain yang memiliki sejarah cedera seperti Joel Embiid. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT