21 November 2019, 10:50 WIB

Empat Perwira Layak Jadi Kabareskrim


Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum

MI/MOHAMAD IRFAN
 MI/MOHAMAD IRFAN
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kanan) mengikuti bersama dengan jajarannya dan Kapolda-Kapolda saat rapat kerja dengan Komisi III DPR.

KAPOLRI Jenderal Idham Azis tengah mencari figur yang tepat untuk mengisi posisi Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) yang ditinggalkannya. Hingga kini posisi itu masih lowong.

Direktur Eksekutif Center of Intelligent and Strategic Studies (CISS) Ngasiman Djoyonegoro mengatakan setidaknya sosok yang terpilih nanti memiliki integritas, profesional, dan berpengalaman. Juga, mampu bekerja sama dengan Kapolri dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian.

"Kriterianya saya kira yang utama ialah rekam jejak, integritas, dan berpengalaman memimpin polda dengan baik serta yang tak kalah pentingnya memiliki kesamaan visi dengan Kapolri," kata pria yang akrab disapa Simon itu di Jakarta, kemarin.

Simon yang juga pengamat intelijen, pertahanan, dan keamanan menjelaskan ada empat figur yang mumpuni dan patut dipertimbangkan Kapolri Idham Azis. "Nama-nama itu layak dipertimbangkan karena memiliki rekam jejak yang bagus dan profesional dalam mengemban tugas Polri," sebutnya.

Keempat figur itu yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Kapolda Sumatra Utara Irjen Agus Ardianto, Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan, dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komjen Agung Budi Maryoto.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan Kapolri segera menunjuk kabareskrim baru. "Insya Allah beberapa hari lagi. Ini jadi prioritas beliau, tapi kan ada mekanismenya," ucapnya.

Dia menambahkan, penentuan posisi kabareskrim merupakan hak prerogatif Kapolri. Namun, proses dan mekanismenya melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri. "Memang hak prerogatif seorang Kapolri tapi harus ada rapat dewan kebijakan tinggi yang dipimpin Wakapolri," jelasnya.

Iqbal enggan menjawab sosok yang akan menduduki jabatan kabareskrim baru. Ia memastikan bahwa Kapolri akan memilih perwira polisi yang berintegritas dan punya kemampuan. "Yang jelas semua perwira tinggi yang berpangkat bintang dua dan bintang tiga berpeluang, tapi jelas Bapak Kapolri akan menunjuk seorang pati yang berintegritas dan mempunyai track record yang baik," urainya.

Dia menjelaskan bahwa Kabareskrim merupakan jabatan yang penting di kepolisian yang kinerjanya selalu mendapat perhatian luas dari masyarakat.

"Tentu yang menduduki jabatan itu ialah perwira terbaik yang memiliki prestasi dan rekam jejak mumpuni." (Fer/P-3)

BERITA TERKAIT