21 November 2019, 05:40 WIB

Rajin Bangun Koneksi


(Try/M-2) | Humaniora

MI/ BARY FATHAHILAH
 MI/ BARY FATHAHILAH
FOTOGRAFER PANGGUNG ARDIANTO

UNTUK bisa mengabadikan momen konser, Ardianto menyarankan para fotografer, terutama pemula, untuk memperkaya portofolio dan jaringan koneksi. Hal itu karena bukan tidak mungkin promotor akan mampir mengirim pesan lantaran kepincut foto di media sosial fotografer bersangkutan dan menawarkan proyek.

Ketika sebuah promotor sudah percaya dengan seorang fotografer tertentu, kolaborasi itu biasanya akan berlanjut di konser atau proyek berikut. Namun, Ardianto mengingatkan, hal itu sering kali tidak tercatat hitam di atas putih.

"Makanya, kalau di event ya jangan sekadar memotret, tapi juga sedikit bergaul. Entah bergaul dengan sesama fotografer karena beberapa fotografer pun suka saling merekrut, termasuk saya," tuturnya.

Bergabung dan aktif di dalam komunitas fotografi juga menjadi daya tarik tersendiri. Sebagai orang yang sering membutuhkan tim untuk memotret sebuah acara musik, Ardianto rajin menjelajah Instagram demi menemukan fotografer muda yang bertalenta.

"Kadang saya suka hunting dari media sosial. Sekarang banyak fotografer-fotografer baru yang karyanya bagus. Ditambah ketika mereka masuk komunitas, saya bisa mengamati karyanya serta attitude dalam bergaul dan bekerja," kata dia.

Dia menyarankan fotografer musik belia harus bisa memahami etika dan aturan main tidak tertulis maupun tertulis, apalagi berhubungan dengan musisi internasional yang aturannya ketat. Salah bersikap, musisi internasional bisa saja membatalkan pertunjukannya, memberi denda promotornya, lalu fotografer diusir, dan kamera serta memori diambil manajemen artis.

"Otomatis kalau menjadi ofisial fotografer musisi, kita harus bisa bawa diri. Dalam arti membawa diri karena sudah masuk daerah pribadi, yang mana harus bisa menjaga kepercayaan. Istilahnya harus bisa jaga rahasia juga. Apa yang terjadi di lokasi ya bertahan di lokasi saja," nasihatnya. (Try/M-2)

Nama: Ardianto

TTL: 17 Februari 1979

Pengalaman:

-2007-sekarang

Mendirikan dan mengelola fotokonser.com

-2010-sekarang

Mendirikan dan mengelola Bulb Photo Rent

Organisasi:

-Pendiri Stage ID

-Pengajar Kelas Pagi (lokakarya fotografi)

BERITA TERKAIT