20 November 2019, 20:49 WIB

Sebelum Jadi Ketua KPK, Firli Sandang Pangkat Komisaris Jenderal


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

Mi/Dwi Apriani
 Mi/Dwi Apriani
Kepala Kabaharkam Polri yang juga Ketua KPK terpilih periode 2019-2023 Irjen Firli Bahuri

KEPALA Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Firli Bahuri segera menyandang pangkat Komisaris Jenderal atau bintang tiga sebelum dilantik menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Desember 2019 nanti. Hal itu disampaikannya usai bertemu Presiden Joko Widodo.

Firli datang ke Istana bersama puluhan anggota TNI dan Polri lain yang akan mendapat kenaikan pangkat.

“Tentu kenaikan pangkat adalah amanah dan kepercayaan bangsa melalui kepala negara sehingga presiden menyampaikan beberapa tantangan yang harus dihadapi TNI dan Polri," kata Firli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/11).

Ketua KPK terpilih itu menyebut kenaikan pangkat perwira TNI-Polri masih menunggu keputusan presiden (Keppres). Nantinya, keppres itu akan disampaikan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Baca juga : Ketua KPK Terpilih Jamin Gaji Pegawai KPK tidak Diturunkan

Firli tak akan lama menjabat sebagai Kabaharkam Polri. Pada pertengahan Desember 2019, Firli akan dilantik Jokowi sebagai ketua KPK periode 2019-2023. Namun, ia menegaskan, akan bekerja maksimal meskipun hanya sebulan menjabat Kabaharkam.

“Banyak yang dikerjakan, di antaranya kita menjamin akuntabilitas kinerja Baharkam. Kedua, dalam waktu dekat kita akan menghadapi agenda nasional antara lain PON di Papua, Nataru, Pilkada 2020, dan itu harus disiapkan semua," kata dia.

Saat disinggung apakah ada pembahasan tentang KPK dengan Jokowi, ia membantahnya. “Enggak ada,” kata dia. (OL-7)

BERITA TERKAIT