20 November 2019, 17:29 WIB

Bea Cukai Denpasar Musnahkan Ribuan Barang Ilegal Senilai 1,3 Mil


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

DOK BEA CUKAI
 DOK BEA CUKAI
Bea Cukai Denpasar Musnahkan Ribuan Barang Ilegal Senilai 1,3 Miliar

Dalam rangka melindungi industri dalam negeri, Bea Cukai Denpasar melaksanakan pemusnahan barang milik negara (BMN) pada Rabu (13/11) di halaman Kantor Bea Cukai Denpasar.

Kepala Kantor Bea Cukai Denpasar, Abdul Kharis mengungkapkan, bahwa BMN tersebut merupakan barang hasil penindakan periode Januari hingga Agustus 2019.

"Barang tersebut merupakan tangkapan pada kegiatan operasi pasar terhadap produk ilegal yang beredar di masyarakat dan juga penindakan terhadap barang kiriman dari luar negeri yang dikategorikan barang larangan dan pembatasan (lartas) yang tidak terselesaikan kewajiban kepabeanannya,” ungkapnya.

Daftar barang yang dimusnahkan yaitu 626 botol minuman beralkohol, 328.908 batang rokok, 157 botol liquid vape, 741 pcs alat kesehatan berbagai jenis, 1.369 pcs produk kosmetik berbagai jenis, dan 4.246 produk lain berbagai jenis terdiri dari mainan, peralatan dapur, alat elektronik, spareparts, aksesoris dan pakaian yang tidak diimpor secara ilegal, dengan total jumlah perkiraan nilai barang sebesar Rp1.760.600.000.

Pemusnahan atas BMN ini dilakukan dengan cara dibakar, dipotong, dipecah, dituang, dan ditimbun ke dalam tanah dengan tujuan merusak dan/atau menghilangkan fungsi dan sifat awal barang. “Hal tersebut bertujuan agar memberi efek jera kepada pelaku dan untuk melindungi industri dalam negeri yang telah melakukan usahanya sesuai dengan ketentuan berlaku,” tegas Abdul.

Dalam rangka sinergitas atas penegakan peraturan yang berlaku, Bea Cukai Denpasar juga mengundang beberapa instansi terkait lainnya. “Sinergi yang selama ini telah tercipta dengan baik juga akan kami terus tingkatkan demi memaksimalkan fungsi pengawasan sehingga tingkat kepatuhan masyarakat semakin tinggi,” jelas Abdul. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT