20 November 2019, 14:57 WIB

Jokowi Berharap Parlemen Singapura Perkuat Kemitraan Regional


akmal fauzi | Internasional

MI/ Ramdani
 MI/ Ramdani
Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo bertemu dengan pimpinan parlemen Singapura di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/11). Presiden berharap kerja sama kedua negara bisa ditingkatkan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, selain dengan eksekutif, kerja sama juga membutuhkan sokongan di tingkat legislatif.

Apalagi, pemerintah Indonesia telah berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan Singapura pascapertemuan tahunan antara Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong beberapa waktu lalu.

“Ini adalah kerja sama G to G (goverment to goverment), tapi kita perlu juga dukungan pada level parlemen karena kerja sama antara parlemen juga perlu didukung," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/11).

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga membahas hasil pertemuan antara Jokowi dengan PM Singapura Lee Hsien Loong. Presiden, kata Retno, menyampaikan kedua pemimpin berkomitmen untuk memperkuat kerja sama bidang investasi, pembangunan infrastruktur, pembangunan Sumber Daya Manusia dan ekonomi.

Jokowi menekankan pentingnya peningkatan kerja sama dengan pemerintah Singapura. “Di tengah situasi dunia yang penuh ketidakpastian, Presiden mengatakan menjadi lebih penting kerja sama Indonesia dengan Singapura untuk kerja sama bidang ekonomi karena ASEAN memiliki harapan yang bagus," kata Retno

Adapun pimpinan parlemen Singapura dalam pertemuan itu dipimpin oleh Ketua Parlemen Singapura Tan Chuan-Jin. Sementara itu, anggota parlemen Singapura yang turut hadir yakni Joan Pereira, Low Thia Khiang, Gan Thiam Poh, Henry Kwek, Saktiandi Supaat, dan Murali Pillai.

Sementara Presiden Jokowi ditemani Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (OL-8)

BERITA TERKAIT