20 November 2019, 11:15 WIB

Murray: Beri Kesempatan untuk Piala Davis Format Baru


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/JOHN THYS/BELGA
 AFP/JOHN THYS/BELGA
Andy Murray

ANDY Murray menyebut tanggapan negatif terhadap Piala Davis format baru tidak adil dan meminta semua pihak untuk memberi kompetisi baru itu kesempatan.

Format baru dari kompetisi yang telah berusia 119 tahun itu dimulai pada Senin (18/11) di Madrid dengan 18 pemain berlaga di Caja Magica untuk mendapatkan kesempatan berlaga di laga final pada Minggu (24/11).

Bek Barcelona Gerard Pique mjadi otak perubahan itu ketika perusahaan miliknya, Kosmos, mencapai kesepakatan senilai US$3 miliar berdurasi 25 tahun dengan Federasi Tenis Internasional.

Baca juga: Prancis Dipaksa Bekerja Keras oleh Jepang di Piala Davis

"Saya rasa semua orang selalu bersikap negatif terhadap perubahan," ujar Murray, Senin (18/11).

"Saya juga merasa, kita semua di tenis terkadang enggan berubah. Padahal ini adalah perubahan besar. Saya rasa kita harus memberinya kesempatan dan melihat hasilnya," imbuhnya.

Keikutsertaan petenis papan atas menurun di format Piala Davis sebelumnya karena tim yang terus menang harus bertanding di empat akhir pekan dalam setahun.

Penyelenggara berharap format baru ini akan menarik para petenis papan atas. Hal itu terbukti dengan keikutsertaan Murray, Novak Djokovic, dan Rafael Nadal. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT