20 November 2019, 08:18 WIB

Belanda Jebol Gawang Estonia Lima Kali


Antara | Sepak Bola

AFP/Koen Van WEEL/ANP
 AFP/Koen Van WEEL/ANP
Georginio Wijnaldum (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol untuk Belanda ke gawang Estonia dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020.

TIMNAS Belanda mengakhiri Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan pesta lima gol ke gawang Estonia di Johan Cruijff Arena, Rabu (20/11) dini hari WIB, dengan tiga gol di antaranya dicetak Georginio Wijnaldum.    

Meski memang telak 5-0, Belanda yang ditangani Ronald Koeman tetap tertahan di posisi dua klasemen Grup C dengan perolehan 19 poin. Hal tersebut terjadi karena sang rival, yaitu Jerman, meraih kemenangan 6-1 atas Irlandia Utara dan tetap bertengger di puncak klasemen dengan raihan 21 poin.    

Baik Belanda maupun Jerman merupakan wakil Grup C yang lolos ke babak berikutnya setelah poin yang diraih meninggalkan tim yang lain yaitu Irlandia Utara 13 poin, Belarusia 4 poin, dan Estonia 1 poin.   

Baca juga: Gnabry Hattrick, Jerman Lumat Irlandia Utara

Meski pertandingan pamungkas kualifikasi tidak terpengaruh dengan kelolosan ke babak berikutnya, tuan rumah Belanda tetap bermain dengan agresif.

Hasilnya Wijnaldum mampu membuka keunggulan untuk timnya pada menit keenam melalui sundulan.    

Unggul 1-0 memacu semangat pemain tim tuan rumah. Terbukti sepuluh menit kemudian, Nathan Ake mencatatkan namanya di papan skor setelah mampu menyelesaikan dengan baik umpan dari Memphis Depay.

Belanda akhirnya unggul 2-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.   

Memasuki babak kedua, dominasi Belanda terus terjadi meski Estonia juga memberikan perlawanan yang sengit. Hanya saja upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil. Justru Belanda mampu menambah keunggulan pada menit 66 lewat Wijnaldum setelah mendapatkan umpan dari Calvin Stengs.    

Tidak sampai di situ, Gelandang Liverpool itu terus memberikan kontribusinya dengan mencetak gol ketiganya pada menit 78 usai kembali menerima umpan manis dari Calvin Stengs.

Gol penutup Belanda dicetak Myron Boadu pada menit 87 setelah meneruskan umpan Kevin Strootman. Tim tuan rumah menang telak 5-0.

"Ini adalah malam yang luar biasa bagi tim kami. Kami mendapatkan hasil yang terbaik. Kami akui babak kedua kami bermain lebih baik dari babak pertama. Kami juga memberikan kesempatan pada pemain baru dan pemain muda tampil. Hasilnya bisa maksimal," kata pelatih Belanda Ronald Koeman. (OL-2)

BERITA TERKAIT