20 November 2019, 09:40 WIB

Wapres Sidak Alutsista TNI-AU di Halim


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MI/Akmal Fauzi
 MI/Akmal Fauzi
Wapres KH Ma'ruf Amin Sidak ke Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

KIAI Haji Ma'ruf Amin selalu meluangkan waktu seusai salat Subuh untuk berolahraga, yakni dengan berjalan kaki.

Setelah resmi menjadi wapres, rutinitas itu pun diselingi dengan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) atau yang kerap disebut sebagai blusukan.

Pada Selasa (19/11/2019) pagi, Ma'ruf bersama istri, Wury Ma'ruf Amin, berolahraga sembari sidak ke Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Biasanya, ia rutin berolahraga lima kali seminggu, antara lain jalan kaki 4 kilometer di Gelora Bung Karno Senayan atau seputar-an taman dekat rumahnya.

Namun, kali ini ia bersama istri menuju pangkalan Skuadron Udara 45 VVIP Halim Perdanakusuma untuk melihat sarana dan pra-sarana alutsista yang dimiliki TNI-AU. Dengan pengawalan Paspampres yang dipimpin Wadan Paspampres, Wapres beserta rombongan berangkat dari kediaman di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, pukul 05.15 WIB dengan mobil menuju Halim.

Setelah 18 menit perjalanan, Wapres beserta Ibu Wury tiba di hanggar Skuadron Udara 45, dan lansung disambut Kadisops Lanud Halim Perdanakusuma Kolnel (Pnb) IGP Setya Darma dan Komandan Skuadron Udara 45 Letnan Kolonel (Pnb) Yosef Frits.

Setelah melakukan pemanasan, Wapres beserta rombongan mulai berjalan kaki dengan rute mengelilingi taxi way Lanud Halim. Turut menemani Wapres dan Ibu Wury di antaranya Wadan Paspampres Marsma TNI Deni Muis, Dan Grup B Paspampres Kol Pas Dicky Lukman, ADC Wapres Kolonel (P) Taufik, serta Dan Skuadron Udara 45 Letnan Kolonel (Pnb) Yosef Frits.

Di sela kegiatan tersebut Ma'ruf beserta istri mendadak masuk ke salah satu pesawat Hercules C-130 yang akan melaksanakan training terbang. Wapres melihat isi pesawat itu serta berbincang-bincang dengan para kru di dalam kabin. Kru pesawat berusaha menjawab dan menjelaskan berbagai pertanyaan yang dilontarkan sang kiai.

"Sudah seharusnya alutsista dan sarana-prasarana pendukung yang dimiliki TNI berkualitas baik, sesuai dengan standard operational requirement," ujar pengasuh Pondok Pesantren An Nawawi Tanara Serang, Banten, itu.

Kegiatan jalan kaki itu berlangsung sekitar 1 jam, dengan finis kembali ke hanggar Skuadron Udara 45 Halim Perdanakusuma. Setelah beristirahat sejenak, Wapres beserta Bu Wury kembali ke kediaman resmi Wapres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. (Mal/P-3)

BERITA TERKAIT