20 November 2019, 07:21 WIB

Gnabry Hattrick, Jerman Lumat Irlandia Utara


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Uwe Anspach/dpa
 AFP/Uwe Anspach/dpa
Serge Gnabry

SERGE Gnabry mengatakan Jerman akan berlaga di Piala Eropa 2020 dengan penuh percaya diri setelah dia mencetak hattrick saat tim Panser menang telak 6-1 atas Irlandia Utara, Rabu (20/11) dini hari WIB, untuk mengamankan posisi juara Grup C.

Setelah memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020 pada Sabtu (16/11) berkat kemenangan atas Belarus, kemenangan di Frankfurt kali ini berarti Jerman mengakhiri babak kualifikasi dengan keunggulan dua poin atas Belanda.

Belanda juga telah memastikan diri lolos pada akhir pekan lalu sementara Irlandia Utara menduduki peringkat ketiga dan akan berlaga di babak playoff untuk meraih tiket ke Piala Eropa 2020.

Gnabry kini telah mencetak 13 gol dari 13 laga bersama Jerman.

Baca juga: Dua Gol Ramsey Antar Wales ke Piala Eropa 2020

"Kami memainkan permainan yang amat sangat apik," ujar Gnabry yang mendapat sambutan meriah saat ditarik ke luar pada menit 80.

"Kami akan berlaga di Piala Eropa dengan penuh percaya diri berkat hasil apik yang kami raih. Tim ini masih sangat muda namun kami bermain dengan rasa gembira," imbuhnya.

Rekan Gnabry di Bayern Muenchen, Leon Goretzka mencetak dua gol sebelum gelandang Borussia Dortmund Julian Brandt mencetak gol keenam Jerman.

"Bagi kami, Piala Eropa mendatang akan seperti bermain di kandang sendiri," kata Goretzka mengacu pada fakta bahwa Jerman akan memainkan tiga laga penyisihan grup mereka di Muenchen saat Piala Eropa 2020 akan dimainkan di 12 negara Eropa.

Ini merupakan hattrick kedua Gnabry bagi timnas Jerman. Dia juga mencetak tiga gol saat melakukan debut pada 2016, saat Jerman melumat San Marino 8-0.

Gnabry mencetak empat gol saat Bayern menang telak 7-2 atas Tottenham Hotspur di ajang Liga Champions, bulan lalu.

Irlandia Utara unggul lebih dulu setelah upaya Toni Kroos membuang bola malah berakhir di kaki Michael Smith yang kemudian menjebol gawang Jerman saat laga baru berlangsung tujuh menit.

Namun, Jerman menyamakan kedudukan tidak lama kemudian lewat aksi Gnabry pada menit 19.

Jerman kemudian mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-1 setelah Goretzka mencetak gol pada menit 42.

Jerman kemudian menambah keunggulan mereka saat babak kedua baru berlangsung 66 detik lewat aksi Gnabry memanfaatkan umpan silang Lukas Klostermann.

Gnabry kemudian mencetak hattrick pada menit 60. Tidak mau kalah, Goretzka mencetak gol keduanya pada menit 73.

Saat laga akan berakhir, Brandt memastikan Jerman menang 6-0 memanfaatkan umpan silang Kroos. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT