20 November 2019, 06:50 WIB

Batan Pindahkan Reflektor Reaktor Nuklir


(RO/H-1) | Humaniora

(ANTARA/HO-BATAN)
 (ANTARA/HO-BATAN)
  Limbah radioaktif berupa reflektor reaktor Triga Mark yang dipindahkan dari Bandung ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif  

BADAN Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memindahkan limbah radioaktif berupa reflektor reaktor nuklir Triga Mark dari Pusat Reaktor Serbaguna di Bandung ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) di Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan, menggunakan kontainer khusus seberat lima ton.

Reflektor yang tidak lagi digunakan setelah dioperasikan selama 31 tahun dari 1965 hingga 1996 itu harus disimpan di tempat penyimpanan limbah radioaktif di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif.

Ketua Tim Pengangkutan Limbah Reflektor dari Batan, Dadang Supriatna, mengatakan ada banyak hal yang disiapkan guna memenuhi prasyarat pengangkutan reflektor reaktor nuklir dari Bandung ke Serpong demi keselamatan pekerja, masyarakat, dan lingkungan selama dalam perjalanan. Mengingat paparan radiasi reflektor sangat tinggi, Dadang menjelaskan, sebelum reflektor dipindahkan ada survei dan pengukuran radioaktivitas reflektor dan hasilnya digunakan untuk membuat desain kontainer pengangkut reflektor. (RO/H-1)

BERITA TERKAIT