19 November 2019, 18:43 WIB

Pemprov Pastikan Bangun Ulang Jalur Sepeda di Cikini


Tri Subarkah | Megapolitan

MI/Francisco Carolio Hutama Gani
 MI/Francisco Carolio Hutama Gani
Pelebaran trotoar di Jalan Cikini Raya yang menghilangkan jalur sepeda

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan akan membangun ulang jalur sepeda di kawasan Cikini setelah revitalisasi trotoar di kawasan itu rampung.

"Setelah dibangun trotoarnya, akan dicat ulang, dipasang kembali," kata Syafrin saat ditemui di Balaikota, Selasa (19/11).

Syafrin menyebut, jalur sepeda itu sebenarnya sudah dibangun sebelum 2017. Nantinya, setelah kembali dibangun, jalur itu akan terkoneksi dengan jalur sepeda fase 1 ke arah Jalan Diponegoro.

Ia menampik, pihaknya kurang melakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta. Menurutnya, pelebaran trotoar bersifat situasional.

"Nah, ini masuk dalam pekerjaan tambah kurang oleh Bina Marga. Tapi bukan berarti tidak ada koordinasi, kita ada koordinasi," tegasnya.

Baca juga : Usai Bongkar Jalur Sepeda, Pemkot Jakpus: Dibikin Lagi!

Oleh sebab itu, sejak awal jalur sepeda di Cikini tidak dicat hijau. Karena menurut Syafrin akan mubazir bila ada perbaikan trotoar.

Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho memastikan bahwa pembongkaran jalur sepeda di kawasan Cikini hanya bersifat sementara.

"Nantinya dibuatkan jalur yang permanen dengan kita buatkan proteksi pada jalur sepedanya berupa kerb atau semacam separator," kata Hari kepada Media Indonesia, Selasa (19/11).

Selain di Cikini, pembongkaran jalur sepeda imbas dari revitalisasi trotoar juga akan terjadi di Jalan MH Thamrin.

"Rencana yang di Thamrin. Itu kenapa sekarang kita pasang cone. Setelah dilakukan perbaikan, otomatis kita akan pasang," pungkas Hari. (OL-7)

BERITA TERKAIT