19 November 2019, 18:21 WIB

Hingga Hari ini, 71 Orang Ditangkap Usai Bom Medan


Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Ardiansyah
 ANTARA FOTO/Ardiansyah
Rumah terduga teroris di Lampung

Kepalda Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M. Iqbal mengatakan pihaknya telah melakukan preventif strike terhadap 71 orang terduga teroris di sejumlah wilayah di tanah air. Langkah itu dilakukan paska-teror bom bunuh diri di Polrestabes Medan beberapa waktu lalu.

"Ini preventif strike juga paska kejadian ledakan bom bunuh diri di Polrestsbes Medan, itu sudah kami tangkap 71 orang terduga teroris," kata Iqbal di Kawasan Jakarta Selatan, Selasa (19/11)

Iqbal menjelaskan, upaya penangkapan terduga teroris jelang Natal dan Tahun baru itu juga telah berlanjut ke tahap penyidikan sebanyak 68 orang. Sedangkan 3 diantaranya telah meninggal dunia.

"Lanjut penyidikan 68 orang. Meninggal dunia 3 orang, yakni 1 bom bunuh diri dan 2 (ditembak) mengancam nyawa petugas karena melawan," sebutnya.

Dari 71 terduga teroris yang ditangkap tersebar, masing masing-masing, yakni Pekanbaru total 5 orang, Jabodetabek 3 orang, Banten 5 orang, Jateng 11 orang, Jabar 11 orang, Kalimantan 1 orang, Jatim ada 2 orang, Sulsel 1 orang, Medan 30 orang, dan Aceh awalnya ditangkap 4 dan kini 2 orang dipulangkan karena tidak terbukti.

"Ini komitmen kami untuk melakukan penegakan hukum dalam rangka harkamtibnas menciptakan preventif strike," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT