19 November 2019, 16:29 WIB

PDIP Tegaskan Ahok Tidak Akan Keluar Meskipun Jadi Dirut BUMN


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
 ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menunjukkan kartu keanggotaan PDIP.

BASUKI Tjahaja Purnama (BTP) tidak akan keluar sebagai anggota partai PDI Perjuangan meski menjabat sebagai pimpinan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

"Tidak harus keluar karena Pak Ahok sebagai anggota partai bisa ditugaskan sesuai dengan kemampuan profesionalitasnya. Yang penting partai memastikan tidak ada conflict of interest," ucap Hasto dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (19/11).

Hasto mengungkapkan publik tak terlalu khawatir apabila penugasan BTP di BUMN memiliki conflict of interest terhadap PDIP.

"Apalagi Pak Ahok, siapa sih yang mengatur-atur Pak Ahok kalau untuk kepentingan jangka pendek, kepentingan sempit?" kata Hasto.

Baca juga: Baru Dicalonkan Sudah Bikin Geger, Iwan Fals: Luar Biasa Ahok..

PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian BUMN soal wacana penugasan BTP itu. Menurutnya, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan semacam fit and proper test terkait pemilihan direktur utama di berbagai BUMN.

"Kami serahkan seluruhnya kepada menteri BUMN untuk penugasan bagi putra putri terbaik bangsa yang punya kemampuan, profesionalitas, punya kemampuan di dalam memberikan arah pengelolaan BUMN," tandas Hasto.

Sebelumnya, Preside Joko Widodo mengatakan proses seleksi untuk mengisi jabatan di salah satu perusahaan BUMN masih berlangsung. BTP sendiri digadang akan mengisi jabatan dirut Pertamina atau PLN.

"Kita kan tahu kinerjanya. Penempatannya dimana itu proses seleksi yang ada di Kementerian BUMN," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11). (OL-4)

BERITA TERKAIT