19 November 2019, 16:12 WIB

BPJS TK Sosialisasikan Program Return to Work kepada Peserta


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Dari kanan : Direktur Pelayanan BPJS TK Krishna Syarif, Dewan Pengawas BPJS TK, Deputi Direktur BPJS TK Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring.

BPJS Ketenagakerjaan (TK) Kanwil DKI Jakarta menyelenggarakan acara sosialisasi program BPJS TK JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja)-RTW (Return to Work) sekaligus memberikan motivasi dan bersilaturrahmi kepada para peserta Return to Work di Hotel Swissotel, Jakarta, Selasa (19/11).

Kegiatan sosialisasi program BPJS TK JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja)-RTW (Return to Work) dibuka secara langsung oleh Direktur Pelayanan BPJS TK Krishna Syarif.

"Program Return to Work (Program Kembali Bekerja) merupakan manfaat tambahan dari Program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat atau berpotensi cacat," kata Krisnha Syarif saat diwawancarai wartawan .

"Masih banyak peserta BPJS yang mengalami kecelakaan kerja masih enggan datang ke rumah sakit untuk direhabilitasi secara medis karena masih menggunakan pengobatan alternatif," ujar Krishna.

"Padahal ada program Return to Work dari BPJS TK akan membantu peserta BPJS TK yang mengalami kecelakaan bisa kembali bekerja," jelas Krishna.

Menurut Krishna, peserta BPJS TK yang mengalami kecelakaan akan mendapat bantuan prothese atau tangan bionik."Bahkan alat bantu dengan teknologi Jepang, pekerja  yang mengalami gagal motorik isa beraktivitas kembali."

Pada kesempatan yang sama, Dewan Pengawas BPJS TK Eko Darwanto mengatakan program Return to Work adalah bagian dari komitmen BPJS TK untuk memberikan manfaat yang baik dan selama ini belum dimanfaatkan para peserta BPJS TK.  

"Ketika peserta BPJS TK mendapatkan kecelakaan kerja, itu ingin mengembalikan satu bentuk keyakinan dirinya bekerja agar bisa bekerja dengan baik," kata Eko.

Di sisi lain,  Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring, mengatakan sesuai regulasi yang telah ditetapkan pemerintah bahwa BPJS TK untuk dapat memberikan pelayanan dan pengobatan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja sampai mereka dapat bekerja kembali.

"Kami percaya dengan adanya program Return to Work dan pola pembiayaan yang unlimited, peserta dan perusahaan dapat lebih merasakan wujud nyata manfaat dari salah satu program kami yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja," jelas Cotta,

"Jadi perusahaan jangan ragu untuk melaporkan kecelakaan yang terjadi dan menggunakan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja yang bekerja sama dengan kami yang telah tersebar di seluruh Indonesia," ujar Cotta.

"BPJS TK Kantor Wilayah DKI Jakarta berkomitmen memberikan pelayanan berupa pendampingan, hingga pembekalan mental dan keterampilan bekerja bagi pekerja yang mengalami disabilitas akibat kecelakaan kerja," tutur Cotta.

Hingga saat ini BPJS TK Kanwil DKI Jakarta telah melakukan kerja sama dengan Mitra Kerja Pelayanan Program JKK-RTW sebanyak 616 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK). (OL-09)

BERITA TERKAIT