19 November 2019, 16:08 WIB

Rute Pembangunan SDM Harus Miliki Tahapan yang Jelas


Mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Ketua Umum KAGAMA periode 2019-2024 Ganjar Pranowo (kanan).

MUNAS ke-13 Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) menghasilkan 13 rekomendasi strategis menuju Indonesia Maju. Rekomendasi pertama KAGAMA mendesak pemerintah untuk menyiapkan peta jalan (roadmap) pembangunan SDM Indonesia.

"Roadmap itu memberi panduan bagi semua kementerian dan lembaga terkait strategi dan rute pembangunan SDM dengan tahapan yang jelas dan dengan target yang terukur," ujar Ketua Badan Pekerja Munas, AAGN Ari Dwipayana, dalam keterangan pers, Selasa (19/11).

Baca juga: Milad Ke-64, UMJ Siap Bersaing di Era Globalisasi

Rekomendasi kedua ialah pembangunan mental dan karakter bangsa. Rekomendasi ketiga lanjutkan konsolidasi sistem demokrasi berjalan bersamaan dengan reformasi tata kelola pemerintahan yang kuat dan sehat.

Sementara itu, rekomendasi keempat KAGAMA ialah korupsi harus ditutup rapat. "Dengan terus menerus memperbaiki sistem dan tata kelola pemerintahan yang berintegritas, akuntabel, dan berkeadilan," tegas Ari.

Yang menjadi rekomendasi kelima, KAGAMA mengingatkan Indonesia adalah negara yang majemuk, beragam dari sisi suku, agama, bahasa, dan budaya. Rekomendasi keenam KAGAMA berpandangan dibutuhkan konstitusionalisme dalam bernegara.

Lebih lanjut KAGAMA berpendapat desentralisasi dan otonomi daerah bukan hanya soal pembagian kewenangan, melainkan juga tanggung jawab untuk bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Rekomendasi kedelapan pembangunan ekonomi harus bersendikan pada kepentingan dan kekuatan nasional. Rekomendasi kesembilan ialah adanya strategi reformasi birokrasi yang tepat.

Tidak berhenti sampai di situ, KAGAMA mendorong pemerintah melakukan evaluasi program-program penanggulangan kemiskinan dan program perlindungan sosial. "Rekomendasi kesebelas KAGAMA melihat dunia menghadapi ancaman bersama yakni perubahan iklim yang sangat ekstrim," kata Ari.

Rekomendasi kedua belas KAGAMA berpandangan perempuan adalah tiang negeri yang aktif terlibat dalam pembangunan bangsa. Dalam rekomendasi ketiga belas, KAGAMA berpandangan Indonesia memiliki potensi generasi muda dengan talenta-talenta hebat yang bisa menjadi kekuatan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

“13 Rekomendasi Munas ke-13 KAGAMA ini akan segera disampaikan kepada Presiden Joko Widodo yang saat ini juga tengah fokus melakukan reformasi struktural secara besar-besaran," tutup Ari. (*/A-5)

BERITA TERKAIT