19 November 2019, 14:41 WIB

Penyebab Kebakaran SMK Yadika 6 belum Diketahui


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
 ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Gedung Sekolah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Yadika (Yayasan Abadi Karya) 6 pascakebakaran di Jatiwaringin

PENYEBAB kebakaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMk) Yadika 6, Pondok Gede, Kota Bekasi, belum diketahui. Tim forensik dari Puslabfor Mabes Polri rencananya akan menyelidiki lokasi kejadian.

“Rencananya, akan dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) hari ini oleh Tim Pusat Laboratorium Forensik Polri,” ungkap Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Yadika 6 Rellus Manurung, Selasa (19/11).

Rellus mengatakan, ada sekitar 799 orang siswa yang terbagi dalam 26 rombongan belajar sedang melakukan kegiatan belajar mengajar di tiga gedung. Saat kejadian petang kemarin, para murid masih ada di sekolah.

“Biasanya pulang sekolah pukul 15.00 WIB, tapi karena kemarin upacara pagi, pulangnya diundur satu jam,” jelas Rellus.

Baca juga: Siswa Korban Kebakaran Gedung SMK Yadika 6 Kritis

Rellus tak menjelaskan persis titik api pertama muncul. Namun, ia yakin peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Dengan cepat api langsung membakar habis gedung sekolah berlantai empat ini.

“Kita berusaha menyemprotkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) tapi tak kunjung padam,” ungkapnya.

Adapun, total 14 orang korban mengalami luka-luka karena terinjak bara api, sesak nafas serta patah tulang. Dua di antaranya masih dirawat di Rumah Sakit Yadika Jakarta Timur dan Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara.

“Rata-rata korban mengalami sesak nafas, menginjak bara api," tuturnya.

Rellus menegaskan tidak ada korban meninggal dunia akibat insiden kemarin. Sekolah yang berlokasi di Jalan Wadas Raya Ujung Nomor 38, Jatiwaringin, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, kini masih dipasangi garis polisi dan tidak boleh dimasuki sembarang orang.

Tak ada yang tersisa di dalam ruangan gedung tersebut, semua hangus terbakar. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi berjibaku selama beberapa jam kemudian. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 24.00 WIB.(OL-5)

BERITA TERKAIT