19 November 2019, 13:15 WIB

Bagus Bertekad Raih Emas SEA Games dari BMX


Rendy Renuki H | Olahraga

MI/ROMMY PUJIANTO
 MI/ROMMY PUJIANTO
I Gusti Bagus Saputra

ATLET balap sepeda BMX Indonesia I Gusti Bagus Saputra tengah mempelajari lintasan balap di venue SEA Games 2019 Filipina. Hal itu dilakukan Bagus--sapaannya--demi merebut medali emas SEA Games dari salah satu disiplin lomba cabang olahraga balap sepeda tersebut.

Apalagi pada disiplin BMX di SEA Games, untuk pertama kalinya akan memperebutkan dua medali emas dari nomor berbeda. Yakni dari nomor time trial dan nomor race.

"Saya lagi pelajari tekniknya di sana seperti apa. Sehingga sudah ada gambaran latihan di sirkuit kita di Pulomas (Jakarta Timur)," kata Bagus saat dijumpai di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (18/11).

Baca juga: Indonesia Incar Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Jetski 2020

Bukan tanpa sebab Bagus bersama tim BMX Indonesia terus mempelajari trek balapan di SEA Games. Pasalnya, penggunaan trek di SEA Games sangat dibatasi bagi peserta lain.

Berbeda dengan atlet tuan rumah (Filipina) yang tentunya sudah hafal dengan trek yang akan dipakai. Apalagi, menurut Bagus, atlet BMX Filipina Daniel Patrick Caluag menjadi salah satu rival terberat.

"Kita memang cuma bisa membayangkan saja (lintasan balapnya). Itu sih kesulitan di nomor BMX. Selebihnya, kita tinggal pemantapan latihan teknik, terus mengasah strategi untuk kemenangan di Filipina," tutur peraih medali perak Asian Games 2018 tersebut.

Cabang olahraga balap sepeda sendiri menargetkan setidaknya tiga medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Target tersebut sesuai yang diusung Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang juga ketua KOI, Raja Sapta Oktohari. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT