19 November 2019, 08:45 WIB

Indonesia Incar Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Jetski 2020


Despian Nurhidayat | Olahraga

ANTARA/INASGOC/Bram Selo Agung
 ANTARA/INASGOC/Bram Selo Agung
Pejetski Indonesia Aqsa Sutan Aswar 

INDONESIA Jetsport Boating Association (IJBA) berencana membawa Kejuaraan Dunia Jetsport ke Tanah Air pada 2020 mendatang. Hal itu diutarakan ketika melakukan kunjungan ke kantor Komite Olimpiade Indonesia (NOC) di Gedung FX Lantai 16, Senayan Jakarta, Senin (18/11) malam WIB.

Ketua Umum IJBA Saiful Sutan Aswar mengatakan, dalam pertemuan tersebut, dia mengungkapkan hasil Kejuaraan Dunia Jetski bulan lalu, juga rencana kejuaraan yang akan diikuti atlet-atletnya.

Tahun depan, dikatakannya, akan menjadi tahun yang padat bagi cabang olahraga jetski karena banyak kejuaraan yang akan diikuti mereka.

"Selain hasil juara dunia di Amerika, kami juga membicarakan kejuaraan dunia tahun depan, Kejuraan Asia, dan kejuaraan internasional lainnya," ungkap pria yang akrab disapa Fully ini melalui keterangan resmi.

Fully menerangkan rencananya kejuaraan dunia jetski di Indonesia akan berlangsung di Ancol, Jakarta pada April tahun depan.

Baca juga: Demi Olimpiade, Eko Yuli Ingin Tampil Apik di SEA Games 2019

Dia pun menambahkan akan ada beberapa negara yang akan turut hadir dalam ajang kejuaraan jetski paling bergengsi di dunia ini.

"Banyak negara akan hadir, kepastiannya 12 negara kuat di cabor jetski akan datang. Mereka sangat tertarik dengan venue jetski di Indonesia, dan dikatakan tempat kita merupakan terbaik di dunia," lanjutnya.

Lebih lanjut, dalam kejuaraan itu, Fully akan kembali menurunkan pejetski terbaik yang juga merupakan kakak beradik, Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar. Selain itu, Rafa Hisyam Nulia Niza kabarnya juga akan turur serta.

Sebelumnya, Rafa yang baru berusia 11 tahun tampil mengejutkan dengan berhasil meraih peringkat 3 Kejuaraan Dunia Jetski di Amerika.

"Selain Aero dan Aqsa, kami akan menurunkan atlet baru seperti Rafa. Intinya, kejuaraan dunia kami ingin memicu masyarakat untuk tertarik dan mungkin anaknya bisa menjadi atlet jetski. Saya akui memang tidak mudah untuk melakukan pembinaan atlet jetski," pungkas Fully.

Sementara itu, Ketua Umum NOC Raja Sapta Oktohari mengaku sangat mengapresiasi kedatangan pengurus IJBA dan juga atlet jetski peraih titel juara dunia Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar.

"Ini kunjungan resmi IJBA dan inti pertemuan ini ialah mereka telah melaporkan hasil kejuaraan dunia jetski dimana Aero menjadi juara dunia lagi dan rencana Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Jetski," tambah Okto.

Lebih lanjut, hasil dari pertemuan itu, adalah NOC akan mengantarkan IJBA untuk menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali terkait pengajuan diri menjadi tuan rumah sekaligus berhasil meraih juara dunia.

"Setelah pertemuan ini akan kami antar mereka bersama juara dunia lain menemui Menpora. Kemungkinan tanggal 21 (November) bersamaan dengan rencana Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Beach Games," tutupnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT