19 November 2019, 04:40 WIB

Tokopedia Kampanyekan Literasi Keuangan


(Hld/E-3) | Ekonomi

 ANTARA/Citro Atmoko
  ANTARA/Citro Atmoko
Tokopedia kampanye #InvestasiAjaDulu di Gedung BEI, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Perusahaan marketplace Indonesia, Tokopedia, meluncurkan kampanye #InvestasiAjaDulu untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Untuk program ini, Tokopedia menggaet Bursa Efek Indonesia (BEI), Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Melalui kampanye ini kami menargetkan peningkatan literasi keuangan di berbagai kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga," ujar AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana pada peluncuran produk itu kemarin.

Dia mengatakan peningkatan literasi dilakukan lewat serangkaian kegiatan edukasi yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai investasi serta manajemen keuangan dalam mempersiapkan masa depan mereka

Hasil studi berjudul "Dampak Tokopedia terhadap Perekonomian Indonesia" oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2018-2019 menyebutkan bahwa Tokopedia telah membantu 78% pengguna menjadi lebih paham terhadap produk investasi digital.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, BEI sebagai penyelenggara perdagangan dan regulator di pasar modal Indonesia, mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan khususnya pada generasi milenial terutama untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

"Kami berharap kampanye ini akan terus bergulir dan diikuti dengan rangkaian kegiatan berikutnya agar berbagai pihak mendapatkan manfaat positif dari inovasi Tokopedia sehingga mendukung kemajuan di pasar modal kita," ujar Hasan. (Hld/E-3)

BERITA TERKAIT