18 November 2019, 18:43 WIB

Pemuda Ini Kembalikan Uang Rp250 Juta yang Tertinggal di Parkiran


Ghani Nurcahyadi | Nusantara

Dok. CentrePark
 Dok. CentrePark
Bukti penyerahan uang sebesar Rp250 juta yang ditemukan di lokasi parkir Manado Town Square

JUMAT, 8 November 2019, menjadi hari yang tidak terlupakan oleh Calvin Ngawaro. Pasalnya, remaja 19 tahun ini tidak menyangka menemukan puluhan gepok uang senilai Rp250 juta di dalam sebuah tas ransel hitam yang tergeletak di area parkir motor Mall Manado Town Square (Mantos), Kota Manado, Sulawesi Utara.

Calvin mengaku baru pertama kali melihat uang sebanyak itu sepanjang hidupnya. Meski tak bertuan, warga Perkamil, Paal II, Manado, ini tak lantas gelap mata. Kejujuran yang selalu menjadi prinsip hidup, menuntunnya untuk mengembalikan uang tersebut.

Dalam hidupnya, berlaku jujur akan mengantarkan pada kebaikan. “Kalau nemu barang berharga harus dikembalikan. Siapa tahu orang yang kehilangan itu baru susah atau kebingungan,” kata Calvin.

Uang ratusan juta tersebut, terdiri dari pecahan Rp100 ribu yang ditumpuk-tumpuk di dalam tas ransel. “Kejadiannya sekitar jam 8 malam, ada tas gede di samping motor pas saya keliling untuk cek-cek motor yang terparkir. Saya buka, isinya dokumen dan banyak sekali uang merah,” ungkapnya.

Selang beberapa jam di hari yang sama, pihak CentrePark, pengelola area parkir di Mantos, berhasil menemukan pemilik tas tersebut. Nasib baik masih berpihak pada Flortje Meita Luise Rimbing, 48, seorang pendeta di salah satu gereja di Kota Manado, si pemilik tas ransel.

Baca juga : Ekomoni Pulih, CentrePark Targetkan Tambah 100 Titik Area Parkir

Uang di dalam tas ransel itu disimpan di pos parkir CentrePark setelah ditemukan Calvin. “Uangnya utuh, belum disentuh,” ujar Head of Marketing Communications CentrePark, Sylvia Christianti dalam keterangan tertulisnya.

Flortje kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya. Dia kagum dengan attendant parkir yang jujur tersebut.

“Si pemilik tentu sangat senang dan lega, serta berterima kasih kepada Calvin. Bahkan mengangkatnya sebagai anak. Calvin juga dinilai menyelamatkan hidup banyak pendeta, karena uang tersebut rencananya akan disalurkan untuk gaji para pendeta,” ungkap Sylvia.

Calvin adalah attendant manajemen parkir CentrePark. Kendati belum genap sebulan bekerja, sikap dan etos kerjanya pantas diacungi dua jempol. “Saya hanya niat menolong. Tidak perlu imbalan, karena perusahaan sudah menggaji saya,” jelas Calvin.

Sylvia mengatakan, sesuai prosedur perusahaan, jika menemukan benda berharga atau mencurigakan, langsung diserahkan kepada supervisor atau diamankan ke pos parkir.

Ketika penyerahan barang tersebut, petugas bersama manajemen menandatangani formulir serah terima, baru barang ditangani oleh pihak manajemen CentrePark. “Nilai kejujuran san sikap hormat selalu diutamakan di CentrePark,” paparnya.

Pihak CentrePark pun berencana memberikan penghargaan kepada Calvin berupa, salah satunya Golden Heart Award untuk karyawan berprestasi.

BERITA TERKAIT