18 November 2019, 17:02 WIB

Jokowi Rangkul Prabowo, Contoh Konkret Logika Pancasila


Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum

ANtara
 ANtara
Setyo Wibowo

KETUA Program Studi Ilmu Filsafat STF Driyarkara Setyo Wibowo mengungkapkan bahwa Pancasila merupakan buah pemikiran yang luar biasa.

Ia mengungkapkan bahwa selama berinteraksi dengan banyak orang dari negara lain, ia mendapati bahwa Pancasila merupakan kekhasan pemikiran Indonesia.

"Orang luar negeri melihat cara berpikir orang Indonesia memang beda, itu tampak di Pancasila" ujarnya saat ditemui seusai Peluncuran dan Diskusi Buku Filsafat (di) Indonesia di STF Driyarkara Jakarta (18/11).

Salah satu contoh nyata adalah masuknya Prabowo Subianto dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumnya, Prabowo berhadapan dengan Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Menurutnya, cara berpikir Presiden Jokowi yang merangkul lawannya dalam kabinet tidak masuk dalam logika ala pemikiran barat.

"Misalnya contoh paling konkret, Jokowi merangkul Prabowo. Itu kan kalau logika barat gak masuk. Pemilu, kalah ya kalah, menang ya menang," ujar alumnus Universitas  Sorbonne, Prancis itu.

Menurutnya, sikap Presiden Jokowi itu dilatarbelakangi pemikiran khas sebagai manusia yang besar dan dididik dengan kultur Jawa.

"Jokowi itu orang Jawa, dia merangkul. Itu yang orang barat binggung," tandasnya.

Pemikiran itu menurutnya yang membedakan dengan cara pikir manusia yang hidup di belahan bumi lain bahwa berlawanan tidak harus bertentangan.

"Tapi inilah khas Jawa, ini memang ada sebuah pola pikir yang memang beda dengan orang barat. Berlawan tidak harus bertentangan," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT