18 November 2019, 16:49 WIB

Jokowi Timang Kepala Staf Isi Jabatan Wakil Panglima TNI


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Jabatan wakil panglima terakhir dijabat oleh Jenderal Fachrul Razi yang saat ini menjabat Menteri Agama

PRESIDEN Joko Widodo segera menunjuk wakil panglima TNI dalam waktu dekat. Saat ini presiden masih memproses nama-nama yang diusulkan.

Juru bicara presiden, Fadjroel Rachman mengatakan, presiden menerima sejumlah usulan nama yang akan mengisi wakil panglima TNI. Salah satunya, dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Semua jadi hak prerogatif presiden untuk memutuskan atau menerima usulan pihak berkaitan penentuan,” kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/11).

Pemerintah mengaktifkan kembali posisi Wakil Panglima TNI melalui Peraturan Presiden No. 66/2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berdasarkan Perpres tersebut, jabatan wakil panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal atau bintang empat.

Ada empat tugas wakil panglima, yaitu membantu pelaksanaan tugas harian panglima; memberikan saran kepada panglima terkait pelaksanaan kebijakan pertahanan negara, pengembangan postur TNI, pengembangan doktrin, strategi militer dan pembinaan kekuatan TNI serta penggunaan kekuatan TNI; melaksanakan tugas panglima apabila panglima berhalangan sementara dan/atau berhalangan tetap; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh panglima.

Calon potensial untuk mengisi posisi Wakil Panglima TNI adalah para kepala staf di TNI yakni, Kepala Staf AD Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf AL Laksamana Ade Supandi, dan Kepala Staf AU Marsekal Yuyu Sutisna.

Jabatan wakil panglima terakhir dijabat oleh Jenderal Fachrul Razi yang saat ini menjabat Menteri Agama. Ia diberhentikan oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada 2001 karena jabatan wakil panglima dihapus. Setelah itu, belum ada presiden yang mengembalikan wakil panglima dalam struktur organisasi TNI. (OL-8)

BERITA TERKAIT