18 November 2019, 14:22 WIB

Sinergitas Pusat dan Daerah harus Dikembangkan untuk Olahraga RI


mediaindonesia.com | Olahraga

DOK KEMENPORA
 DOK KEMENPORA
Menpora Zainudin Amali resmi membuka Popnas XV/2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonego, Jakarta, Minggu (17/11) malam.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Palajar Nasional (Popnas) XV/2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam. Setelah membuka acara, Menpora kemudian menerima api abadi Popnas dari atlet ASEAN Schools Games 2019.
 
Pesta olahraga bagi pelajar ini berlangsung meriah. Pengenalan maskot menjadi awal kegiatan seterusnya dilanjutkan dengan parade peserta 34 provinsi. Selain itu, juga ada pertunjukan seni hingga tarian.
 
Pada sambutannya, Menpora mengapresiasi penyelenggaraan Popnas bisa terlaksana atas kerja sama jajaran Kemenpora yang bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat.
 
“Selamat malam, salam olahraga. Terima kasih Popnas di Jakarta bisa dimulai. Dengan waktu yang singkat, dan sinergitas yang baik, Popnas bisa dilaksanakan. Saat defile tadi, hadir semua 34 provinsi. Keterlibatan dan sinergitas antara pemerintah pusat dengan daerah sangat luar biasa, ini harus dikembangkan. Saya kira ini bagus ya sinergi,” kata Menpora.
 
Kepada atlet, Menpora berpesan agar dalam pertandingan bermain dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportifitas. Untuk wasit, Menpora juga mengingatkan agar berlaku adil dan tidak curang.
 
“Untuk atlet, bermain lah dengan semangat yang tinggi, menjunjung tinggi nilai sportivitas. Untuk wasit, pimpin pertandingan dengan adil, ikuti aturan yang berlaku. Saya berpesan, melalui Popnas ini, jalin lah silaturahmi dan jaga kekompakan,” pesan Menpora.
 
Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyalaan obor sebagai simbol telah dibukanya Popnas 2019. Obor dibawa oleh atlet ASEAN Schools Games 2019. Lalu, atlet menyerahkan obor tersebut kepada Menpora seterusnya api disulutkan ke sebuah tempat yang telah disediakan. Pembukaan Popnas semakin meriah setelah adanya pesta kembang api di panggung acara.
 
Popnas 2019 kali ini berlangsung hingga 25 November. Event ini diikuti 3.653 orang dengan rincian 2.631 atlet, 667 pelatih, dan 355 ofisial. Adapun event ini mempertandingkan sebanyak 13 cabang olahraga.
 
Diantaranya; atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat. Hadir dalam kesempatan ini, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto beserta jajaran para pejabat di Kemenpora, serta tamu undangan lainnya. (RO/OL-10)

BERITA TERKAIT