18 November 2019, 12:08 WIB

Indonesia Harus Piawai Manfaatkan Bonus Demografi


Mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tiga dari kiri).

PADA 18 Desember 2019, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) akan berusia 61 tahun dan punya perjalanan panjang sebagai organisasi alumni. KAGAMA diharapkan selalu menanamkan nilai-nilai yang mereka dapatkan ketika masih kuliah di UGM.

"UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas yang ingin memegang teguh nilai-nilai pancasila. Universitas kebudayaan dan universitas kerakyatan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia, Senin (18/11).

Baca juga: Menristek Sebut IPB Selalu Punya Desain Sejahterakan Masyarakat

Hal itu disampaikan Budi mewakili Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Munas KAGAMA ke-XIII di Hotel Grand Inna Bali Beach, baru-baru ini.

"Nilai-nilai ini adalah jiwa KAGAMA dan roh KAGAMA, dan juga sebagai jati diri KAGAMA. KAGAMA kalau bertemu pasti ramai sekali, guyub, rukun, dan gayeng. Tapi, saya katakan jangan sekadar itu, harus migunani," jelas Budi.

Lanjut dia menjelaskan, migunani tersebut diterapkan dalam lingkup yang lebih kecil hingga ke lingkup yang lebih besar yaitu negara.

Untuk itu, dia berbarap Munas KAGAMA ke-XIII bukan hanya konsolidasi organisasi melainkan mengonsolidasi gagasan dan menunjukkan pemikiran-pemikiran terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Indonesia merupakan negara besar yang juga memiliki tantangan besar. Kita adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Dengan jumlah yang besar itu kita mendapatkan bonus demografi," pungkasnya.

Di tahun 2045, Budi menegaskan Indonesia tidak ingin jadi negara berkembang. Indonesia harus keluar dari jebakan sebagai negara yang berpendapatan menengah dan menjadi negara yang masuk lima besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati 0%.

Budi menekankan, KAGAMA bisa mengajak alumni-alumni dari kampus lain. Ajak teman dan saudara kita sebangsa dan setanah air untuk bergandengan tangan, memperkuat kesatuan dan solidaritas untuk memajukan negeri.

Sebelumnya, Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan terima kasih. Dengan digelarnya Munas KAGAMA di Bali, kunjungan wisatawan yang sedang menurun bisa lebih meningkat. (*/A-5)

BERITA TERKAIT