18 November 2019, 10:24 WIB

Ratusan Umat Buddha Peringati Moksa Niciren Daisyonin


Tosiani | Nusantara

MI/Tosiani
 MI/Tosiani
Umat Buddha sekte  Sekte Niciren Shoshu berebut gunungan usai upacara  Oeshiki di Vihara Vimalakirti Dusun Buling, Desa Bubakan, Wonogiri.

SEDIKITNYA 400 orang Umat Buddha dari Sekte Niciren Shoshu merayakan Oeshiki di Vihara Vimalakirti Dusun Buling, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, Jawa Tengah, Minggu (17/11/2019). Perayaan ini untuk memperingati Buddha Niciren Daisyonin moksa. Ratusan umat dari berbagai daerah berkumpul di vihara yang ada di Lereng Gunung Lawa ketinggian 1600 meter dari permukaan laut (mdpl) ini sejak Sabtu (16/11/2019). Antara lain dari sekitar Wonogiri, Kabupaten Temanggung, Salatiga, Magelang, Semarang, dan Purworejo.

Pada Sabtu malam diselenggarakan Upacara Otaiya. Sedangkan upacara Oeshiki diselenggarakan pada Minggu (17/11). Upacara keagamaan Buddha Sekte Niciren Shoshu ini dipimpin Bhiksu Yang Arya Singyo Kimura. Pada saat Buddha Niciren Daishonin moksa, di Jepang bermekaran bunga sakura. Oleh sebab itu tiap kali peringatan Oeshiki dibuatlah ratusan bunga kertas berwarna pink untuk melambangkan peristiwa tersebut. Tiruan bunga sakura dibagikan pada seluruh umat yang hadir.

baca juga: Tersangka Bom Bunuh Diri di Medan Bertambah Jadi 23 Orang

Usai upacara Oeshiki, di halaman vihara juga digelar pementasan kesenian reog. Serta rebutan gunungan tumpeng berisi hasil bumi. Sebelum tumpeng diperebutkan, Bhiksu Ya Singyo Kimura mengawali mengambil salah satu bagian tumpeng untuk diberikan kepada umat. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT