18 November 2019, 09:54 WIB

Erupsi Merapi, Ganjar Minta BPBD Siaga Penuh


Akhmad Safuan | Nusantara

Antara
 Antara
Letusan Gunung Merapi terlihat dari bungker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (17/11/2019).

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga di Lereng Gunung Merapi waspada dan mengintruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siaga.

"Saya minta warga di lereng Gunung Merapi tetap tenang tapi waspada dan ikuti arahan petugas dan pemerintah yang ada di desa," kata Ganjar Pranowo Senin (18/11/2019).

Jika nanti kondisinya meningkat, ujar Ganjar Pranowo, masyarakat di desa yang berada di wilayah berdampak meletusnya Merapi untuk segera mengungsi karena keselamatan adalah paling utama. Selain meminta kewaspadaan untuk warga, Ganjar juga meminta BPBD baik di Kabupaten/kota sekitar Gunung Merapi maupun Provinsi Jawa Tengah siaga penuh.

"Saya perintahkan para relawan bencana serta kelompok-kelompok masyarakat peduli bencana untuk terus bergerak melakukan sosialisasi pengurangan resiko bencana," tambah Ganjar.

baca juga: Terduga Teroris yang Ditangkap di Cilacap Berprofesi Tukang Pijat

Menurut Ganjar Pranowo meletusnya Gunung Merapi Minggu (17/11) belum sampai mengganggu kegiatan secara umum, namun ada perubahan cuaca lebih panas dari biasanya.

"Kegiatan Borobudur Marathon 2019 kemarin tidak terganggu, meski terasa lebih panas," imbuhnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT