18 November 2019, 11:45 WIB

Menristek Sebut IPB Selalu Punya Desain Sejahterakan Masyarakat


Dero Iqbal Mahendra | Humaniora

ANTARA/Puspa Perwitasari
 ANTARA/Puspa Perwitasari
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro

MENTERI Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menilai salah satu aspek menyejahterakan masyarakat adalah melalui sektor pertanian yang mumpuni.

Ia pun memandang IPB University masih menjadi ujung tombak perguruan tinggi untuk pembangunan pertanian serta inovasi model pengembangan bisnisnya demi mencapai kesejahteraan masyarakat.

"Sektor pertanian di Indonesia memiliki sumber daya tenaga kerja paling besar. IPB, selama ini, punya peranan besar untuk pertanian yang bermanfaat ke ekonomi," ujar Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro dalam keterangannya, Senin (18/11)

Ia mencontohkan peran IPB dalam membangun ekosistem riset and development di bidang pertanian yang sangat penting.

Baca juga: Jalur Undangan SNMPTN Dibuat Transparan

Bambang mengatakan, telah banyak karya ilmiah dari IPB yang inovatif, khususnya untuk pertanian, yang sasarannya jelas demi mengentaskan kemiskinan serta membentuk kemandirian masyarakat.

"Lulusan IPB teruji punya inovasi dan riset terhadap masalah pertanian Indonesia. Supaya petaninya sejahtera dan negaranya maju. Ciri khas IPB itu adalah pertanian," ucap Bambang.

Kendati demikian, Bambang mengimbau, IPB University juga jangan sampai melupakan tugas penting lainnya yakni mengubah cara pikir dan pandangan tentang petani.

Pasalnya, Bambang mengungkapkan, profesi petani sejauh ini masih dinilai sebatas bercocok tanam dan menghasilkan komoditas produksi untuk kebutuhan pangan nasional.

Padahal petani adalah pekerjaan potensial sebab menjadi garda utama ketahanan pangan dan stabilitas ekonomi jika dibekali dengan cara berbisnis yang baik. (OL-2)

BERITA TERKAIT