18 November 2019, 11:30 WIB

Pensiun, Lorenzo Merasa Lega dan Bebas


Antara | Olahraga

AFP/JOSE JORDAN
 AFP/JOSE JORDAN
Jorge Lorenzo

JORGE Lorenzo mengungkapkan perasaannya setelah menjalani balapan terakhir sebagai pebalap profesional di Grand Prix Valencia, Minggu (17/11) waktu setempat.    

Bukannya sedih, Lorenzo justru merasa lega ketika dia mampu finis di seri pamungkas MotoGP itu dan membantu Honda meraih gelar ketiganya musim ini bersama Marc Marquez.    

"Sekarang saya merasa benar-benar bebas, merasakan kebebasan yang seutuhnya karena saya menyelesaikan balapan di atas motor saya, membantu Honda meraih tiga mahkota, itulah tujuan kami datang ke sini," kata pembalap asal Spanyol itu seperti dilansir laman resmi MotoGP.    

Pembalap berusia 32 tahun itu finis P13, 51 detik di belakang Marquez yang menjadi juara.   

"Kami berhasil. Marc membalap dengan fantastis, hampir sempurna. Saya harus finis untuk mengambil poin dan memenangi tiga gelar ini. Saya sangat bangga dengan tim yang selalu mendukung saya secara penuh," imbuhnya.   

Baca juga: Marquez Lengkapi Gelar Juara Dunia dengan Juara di Seri Penutup

Lorenzo secara resmi memutuskan pensiun dari MotoGP pada Kamis (14/11) setelah menjalani musim yang berat yang diwarnai sejumlah cedera hingga kesulitan beradaptasi dengan motor.    

Pembalap bernomor 99 itu pun sebenarnya pernah mempertimbangkan untuk pensiun tahun lalu ketika dirinya masih membela Ducati.    

Menjalani 18 musim balapan, 68 kali juara GP, 69 posisi pole, 152 podium, dan lima gelar juara dunia, Lorenzo akan merindukan setiap akhir pekannya di balapan.    

"Terutama menang membalap dan orang-orang yang berada di sekitar saya," kata Lorenzo.  

"Sekarang tinggal menikmati sore ini dan malam nanti yang mungkin menjadi pesta terakhir saya di paddock sebagai pembalap profesional. Saya ingin merayakannya, kegembiraan ini dan saya sangat bangga dengan karier saya."

"Ini adalah akhir pekan yang sempurna dan saya akan selalu mengingatnya," pungkasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT