18 November 2019, 07:19 WIB

Winks dan Mount Cetak Gol, Inggris Tekuk Kosovo


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Robert ATANASOVSKI
 AFP/Robert ATANASOVSKI
Harry Winks melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kosovo dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020

INGGRIS membukukan kemenangan 4-0 saat bertandang ke markas Kosovo, Senin (18/11) dini hari WIB untuk memastikan menjadi salah satu dari enam tim unggulan di Piala Eropa 2020.

Tim besutan Gareth Southgate itu telah memastikan tiket ke Piala Eropa 2020 saat menang telak 7-0 atas Montenegro, Kamis (14/11). Mereka melanjutkan penampilan dominan di babak kualifikasi Piala Eropa 2020 lewat kemenangan di Pristina berkat gol yang dicetak Harry Winks, Harry Kane, Marcus Rashford, dan Mason Mount.

Meski tidak tampil optimal, kemenangan itu sukses memastikan Inggris menjadi tim unggulan sehingga mereka akan terhindar dari klub kuat di babak penyisihan grup Piala Eropa 2020.

Gol pertama Winks untuk timnas Inggris dalam enam pnampilannya menjadi momen penting bagi the Three Lions. Mereka kemudian menambah tiga gol lewat aksi Kane, Rashford, serta gol perdana Mount untuk Inggris.

Baca juga: Ronaldo Cetak Gol Ke-99, Portugal Lolos ke Piala Eropa 2020

Dengan tiga laga babak penyisihan grup Piala Eropa 2020 dan laga semifinal serta final dimainkan di Inggris, the Three Lions akan menjadi salah satu unggulan saat drawing dilakukan pada 30 November mendatang.

Meski senang dengan kemenangan atas Kosovo, Southgate menegaskan timnya masih bisa memperbaiki diri lagi.

"Laga itu sangat ketat dan merupakan ujian yang baik untuk kita. Lapangannya tidak optimal sehingga para pemain kerap terpeleset dan operan kerap melenceng," kata Southgate.

"Kami memberi mereka kesempatan. Di laga lain itu mungkin itu bisa menjadi masalah. Kami harus lebih waspada di situasi bola mati. Terlalu banyak pemain bebas di kotak penalti."

"Kami sadar masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Namun, saya tidak mau menyalahkan pemain. Mereka sudah tampil luar biasa," imbuhnya.

Winks membuka kemenangan Inggris pada menit 32 saat gelandang Tottenham Hotspur itu menerima umpan dari Alex Oxlade-Chamberlain.

Inggris baru berhasil mencetak gol kedua mereka pada menit 79 lewat aksi Kane yang menyambar umpan Raheem Sterling yang kembali bermain usai absen dalam laga melawan Montenegro karena berselisih dengan bek Liverpool Joe Gomez.

Kane selalu mencetak gol di delapan laga kualifikasi timnas Inggris. Dia juga menjadi pemain pertama Inggris dalam tempo 90 tahun yang berhasil mencetak 12 gol untuk timnas dalam satu tahun.

Gol Kane itu juga merupakan gol ke-35 Inggris di babak kualifikasi, memecahkan rekor gol yang mereka cetak di babak kualifikasi Piala Dunia 2010.

Rashford kemudian mencetak gol ketiga Inggris memanfaatkan umpan Sterling pada menit 83 sebelum Mount membuat skor menjadi 4-0 memanfaatkan umpan Kane di masa injury time. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT