17 November 2019, 23:06 WIB

Faber-Castell Ajak Anak-Orang Tua Berkolaborasi dalam Lomba


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Faber-Castell
 Dok. Faber-Castell
Penyelenggaraan faber-Casteel Family Art Competition

PRODUSEN perlengkapan sekolah, Faber-Castell menggelar ajang Family Art Competition yang mengajak orang tua dan anak berkolaborasi dalam kompetisi mewarnai dan membuat prakarya.

Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen mengatakan, Faber-Castel Family Art Competitions merupakan perlombaan yang melibatkan keluarga dengan peserta yang sangat masif. Diharapkan, kegiatan tersebut memberikan nilai positif di banyak keluarga.

"Lomba ini kami rancang dengan mengedapankan kerjasama antara orang tua dan anak, di mana orang tua dan anak nantinya dapat mewarnai dan membuat prakarya secara bersama-sama, sehingga kami harapkan dapat membangun waktu yang berkualitas bagi keluarga," katanya dalam keterangan tertulis.

Rencananya kegiatan yang dimulai Oktober 2019 akan berlangsung hingga April 2020 mendatang. Lomba diadakan di sejumlah kota yang nantinya memilih juara 1-3 yang akan mendapatkan uang tunai dan produk

Nantinya setiap karya dari juara pertama per kota akan kembali dikompetisikan di tingkat area, yang terbagi atas Sumatera, Jawa dan Indonesia Timur.

Baca juga : Produk Retro Polychromos Dirilis

Direktur Pembinaan Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Khamim mengapresasi upaya pelibatan orang tua dalam proses pendidikan anak yang dilakukan Faber-Castell.

"Inovasi menggabungkan antara peserta didik dan orang tua itu terobosan. Itu juga sebagai cara untuk mendekatkan anak-anak dengan para orang tua," ujar Khamim, di sela-sela acara Faber-Castell Family Art Competitions 3, di Jakarta, Minggu (17/11).

Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa pendidikan bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah. Namun, pelibatan pihak swasta juga diperlukan untuk mewujudkan pendidikan yang semakin berkualitas dan merata.

"Upaya ini luar biasa mengenalkan secara langsung terkait dengan seni. Kedepan berharap ada pemerataan di daerah-daerah yang belum tersentuh. Jadi kegiatan ini bisa berdampak kepada anak-anak Indonesia pada umumnya," katanya.

Lebih lanjut Khamim mengatakan, kompetisi merupakan bagian dari pendidikan karakter. Mengajak anak-anak untuk bisa berkompetisi secara sehat. "Dia berlomba, tapi sportif, saling menghargai teman-teman sesama peserta," tuturnya.

Public Relations Manager PT Faber-Castell International Indonesia Andri Kurniawan mengatakan, Dari karya juara pertama antarkota akan dipilih 8 pemenang nasional yang akan berlibur ke Hong Kong pada September/Oktober 2020.

Hadiah tersebut, lanjut Andri, tak hanya berlaku bagi para juara tetapi juga keluarga. Karena mereka pergi berlibur didampingi satu orang dari keluarganya.

“Ini akan memberi kenangan bersama anak dan keluarganya. Berkat kreativitas anak yang dilatih sejak kecil, bisa membawa orangtua keluar negeri,” pungkasnya (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT