18 November 2019, 02:00 WIB

Juku Eja Pincang saat Jamu Persipura


MI | Sepak Bola

ANTARA
 ANTARA
Para pesepak bola PSM Makassar sedang melakukan sesi latihan

SETUMPUK kendala menerpa PSM Makassar saat menghadapi lawan berat Persipura Jayapura dalam laga tunda pekan ke-4 Liga 1 2019, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, (Senin 18/11).

Laga itu jelas tak menguntungkan bagi sang tuan rumah. Pasalnya, kondisi laskar ‘Juku Eja’sebutan PSM sedang pincang karena harus tampil tanpa jenderal lapangan tengah, Wiljan Pluim, yang cedera.
Tak hanya Pluim, gelandang Marc Klok masih belum tentu bisa turun. Pemain yang sedang dalam proses naturalisasi itu sudah tujuh kali mendapatkan kartu kuning di Liga 1.

Mental tim pun sedang terpuruk karena dalam dua pertarungan terakhir, selalu kalah. Terakhir, PSM kalah melawan Persebaya Surabaya, 2-3, di Stadion Batakan, Senin (11/11).

Namun, sang pelatih Darije Kalezic tak mau cari alasan soal kekalahan terakhirnya melawan Persebaya. Ia ingin membuktikan diri dan membawa ‘Pasukan Ramang’ untuk bisa kembali ke jalur kemenangan. Kemenangan pun menjadi harga mati bagi Kalezic, karena dirinya perlu membuktikan diri agar tak didepak PSM.

Dari kubu lawan, sang pelatih, Jacksen F Tiago membawa semua amunisi terbaiknya. Hal ini dilakukan agar ‘Tim Mutiara Hitam’ bisa mempertahankan posisi runner-up di klasemen sementara Liga 1.

Jacksen menyatakan bakal menurunkan jajaran pemain terbaik saat menghadapi PSM. “Kami selama ini membawa semua pemain kami ke mana pun karena home base kami belum menetap dan masih berkeliling,” ujar Jacksen, arsitek asal Brasil itu.

Persipura memang menargetkan Boaz Solossa dkk untuk lolos berkompetisi di Asia tahun depan. Incaran realistis, yakni tampil di Piala AFC, ajang yang setingkat di bawah Liga Champions Asia.

Sementara itu, pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantoro fokus membenahi lini belakang. Pasukan­ ‘Super Elang Jawa’ sejauh ini telah kebobolan 35 gol dan memasukkan 34 gol.

Teranyar, PSS kebobolan satu gol dalam laga uji coba melawan tim Pra PON DIY, kemarin, kendati mereka unggul 4-1.

“Memang ada beberapa celah,” kata Seto. Apalagi, PSS harus kehilangan bek sentral Alfonso de La Cruz yang cedera sehingga absen di tiga pertandingan terakhir. (Ykb/Medcom.id/R-2)

BERITA TERKAIT