17 November 2019, 13:25 WIB

Pilkada Serentak Di Babel Rawan Politik Uang


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Pelaksanaan Pilkada serentak di empat kabupaten wilayah Provinsi Bangka Belitung rawan terhadap politik uang. 

PILKADA serentak 2020 yang akan diadakan di empat kabupaten di wilayah Provinsi Bangka Belitung, rawan potensi money politic atau politik uang. Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Edi Irawan mengatakan pihaknya belum melakukan pengukuran sejauh mana potensi politik uang pada empat pilkada serentak di Babel.

"Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung Timur akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Potensi money politic ada, tapi kita belum ukur tingkat kerawanannya seperti apa," kata Edi, Minggu (17/11/2019)

Untuk itu, dalam hal pengawasan menurutnya Bawaslu tidak bisa sendiri tetapi harus ada peran serta masyarakat. Sebab masyarakat mengetahui secara langsung ada money politic atau tidak dalam pilkada tersebut.

"Masyarakat ini kan langsung berhubungan, nah peran sertanya sangat kami butuhkan, sehingga kita mengetahui tingkat kerawanan dari politik uang itu sendiri," ungkapnya.

baca juga: Ribuan Warga Diaspora Diminta Jaga Persatuan dan Kerukunan

Ia menyarankan masyarakat di empat kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020, untuk melapor bila ditemukan adanya money politic.   

"Kalau tahu ada money politic, jangan didiamkan. Ayo bantu Bawaslu laporkan, sehingga bisa dilakukan penindakan," pintanya.(OL-3)

 

BERITA TERKAIT