17 November 2019, 12:39 WIB

Foto Karya Jurnalistik Anak Dipamerkan di Car Free Day


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Warga melihat pameran foto jurnalistik anak yang dipamerkan saat hari bebas kendaraan di Kota Surakarta, Minggu (17/11/2019).  

PAMERAN foto komunitas Forum Anak Surakarta di depan Stadion Sriwedari, Minggu (17/11/2019) pagi, mampu menarik perhatian para pegiat sosial Solo Car Free Day. Foto-foto yang dipamerkan merupakan hasil workshop Jurnalis Anak dan Literasi pada dua bulan sebelumnya.

Pantauan Media Indonesia, beragam tema dan bidikan diabadikan oleh peserta forum anak. Mulai dari beberapa anak ngobrol di pinggir jalan, ada bidikan fokus di smartphone yang sedang memotret, anak-anak SMA sedang bercengkerama dengan seorang anak disabilitas. Ada pula tentang jepretean kamera seputaran aktivitas anak anak di Kota Surakarta.

"Saya abadikan momen yang menggambarkan beberapa anak sedang menyebrang perlintasan jalan. Menurut saya lumayan bagus," ujar Selangit Andika Sembayung,14 seorang peserta pameran foto sembari menunjuk hasil jepretan kameranya.

Ia juga menuturkan foto tentang momen saat seorang satpam sedang menyeberangkan beberapa siswa sekolah. Foto dia ambil, karena momen seperti itu jarang terjadi. Selama ini lebih banyak anak menyeberang sendiri padahal kondisi lalu lintas ramai.

Uthie Awamiroh, penanggung jawab pameran foto dari relawan Sahabat Kapas  menjelaskan pameran ini sebagai apresiasi karya komunitas Forum Anak Surakarta agar dilihat oleh banyak orang.

"Pameran ini sekaligus menjadi pra even acara peringatan 30 Tahun Konvensi Hak Anak yang akan digelar 20 November nanti," tukasnya.

baca juga: Jawa Timur masih Dilanda Kekeringan Ekstrem

Ia paparkan, hari anak sedunia tahun ini menjadi spesial karena bersamaan dengan 30 tahun Konvensi Hak Anak. Pemerintah Kota Surakarta membuat monumen peringatan 30 tahun Konvensi Hak Anak (KHA), dimana ide dan desainnya 100% dari partisipasi Forum Anak Surakarta (FAS). Pada Rabu ,20 November nanti, di Taman Jayawijaya Mojosongo,  monumen KHA ini akan diresmikan sebagai saksi komitmen tinggi Pemkot Surakarta terhadap pemenuhan Hak Anak.(OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT